Jelajahi Pasar Tradisional Unik! Wisata Terbaru 2024 Terpopuler Indonesia, Rasakan Dengan Kearifan Lokal!

Jelajahi Pasar Tradisional Unik! Wisata Terbaru 2024 Terpopuler Indonesia, Rasakan Dengan Kearifan Lokal!

Wisata Pasar Unik 2024 populer di Indonesia-Fortune Indonesia-google

DISWAY JOGJA - Di Indonesia tersebar beberapa pasar-pasar unik yang memiliki ciri khas masing-masing, yang dapat mengundang rasa penasaran wisatawan untuk mengunjunginya. Pasar-pasar ini kerap dijadikan wisata terbaru 2024 di berbagai daerah.

Adanya pasar-pasar unik di Indonesia tentunya tidak bisa dilepaskan dari keberagaman budaya yang dimiliki daerah itu sendiri.

Baik itu dari sisi cara melakukan jual-beli, hingga lokasi pasar yang terbilang sangat unik. Bahkan, beberapa pasar tradisional unik di Indonesia ini kerap menjual kebutuhan yang tidak biasanya.

Daya tarik itulah yang bisa menarik perhatian banyak wisatawan, baik wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara untuk mengunjungi dan mengetahui pasar-pasar unik apa saja yang ada di Indonesia secara langsung, sehingga pasar-pasar unik ini memiliki daya tarik sebagai wisata terbaru 2024.

BACA JUGA : Liburan Gak Usah Ke Belanda? Wisata Terbaru 2024 di Bandung Utara, Spot Estetik Bikin Asik Cek Disini!

Penasaran apa saja? Berikut adalah deretan pasar-pasar unik di Indonesia yang menjadi daya tarik wisata terbaru 2024.

1. Pasar Terapung Lok Baintan

Apakah kamu pernah berbelanja dan bertransaksi dari atas perahu? Pasar Terapung Lok Baintan sudah ada sejak abad ke-18 yang berada di sepanjang pesisir aliran Sungai Martapura.

Bagi wisatawan yang berkunjung ke pasar unik ini akan diberikan pengalaman berbelanja dan cara bertransaksi dari atas perahu.

Berbeda dengan pasar lainnya, wisata terbaru 2024 Pasar Terapung Lok Baintan cara transaksinya masih menggunakan sistem barter yang seakan mengajak kita untuk flashback ke masa dahulu.

Dengan keunikanya tersebut, Pasar Terapung Lok Baintan dinobatkan sebagai Warisan Budaya Takbenda pada tahun 2016. Pasar ini berada di Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

2. Pasar Bisu

Sesuai dengan namanya, kegiatan tawar menawar ataupun cara bertransaksi di Pasar Bisu ini tidak dilakukan dengan berbicara melainkan menggunakan bahasa isyarat. Hal ini yang menjadi keunikan dan daya tarik wisata terbaru 2024 Pasar Bisu.

Pasar Bisu bukan berarti diisi oleh orang bisu, ya! Namun, nama ini diambil karena orang-orang disini masih menjalankan tradisi yang sudah dijalankan sejak turun temurun dimasa dahulu. Pasar unik ini bisa kamu kunjungi di Sumatra Barat.

Asal kamu tahu, proses transaksi yang dilakukan di pasar ini yaitu dengan Marosok yang artinya “Meraba”. Menariknya lagi, antara penjual dengan pembeli akan bersalaman dengan posisi tangan ditutupi kain sarung. Tujuannya adalah untuk menjaga kerahasiaan harga agar tidak diketahui orang lain yang ada dipasar.

Sebagai informasi, Pasar Bisu ini hanya menjual hewan-hewan ternak, seperti sapi, kerbau, dan kambing. Inilah yang menjadi daya tarik wisata 2024, mengingat wisata pasar unik di Indonesia sangatlah menarik.

BACA JUGA : Sensasi Liburan Sambil Belajar? Wisata Terbaru 2024 Surabaya, Ramah Anak Nikmati Edukasi Sekaligus Piknik!

3. Pasar Kaget

Pasar yang berada di tengah hutan belantara yang ada di daerah Wamena, Papua ini merupakan pasar tradisional. Di Pasar Kaget ini, sebagian besar penjualnya merupakan Suku Dani yang masih menggunakan pakaian adat tradisional.

Barang-barang yang dijual di pasar ini pun mayoritas barang tradisional papua, seperti tombak, koteka, noken (tas wanita papua), hingga perhiasan yang terbuat dari taring babi.

4. Pasar Papringan

Wisata pasar unik 2024 yang ada di Indonesia selanjutnya adalah Pasar Papringan, yang berada di Dusun Ngadiprono, Desa Ngadimulyo, Kecamatan Kedu, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah.

Wisata terbaru 2024 Pasar Papringan ini memiliki sisi kearifan lokal yang unik, yaitu menggunakaan pring (bambu) sebagai alat bayar. Disini kamu perlu menukarkan uang menjadi kepingan bambu terlebih dahulu, setiap keping bambu dihargai senilai Rp.2000.

Itulah beberapa pasar unik di Indonesia yang menjadi daya tarik wisata terbaru 2024, bagi wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara. Rasakan sensasi tradisional dengan kearifan lokal!(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: