Jelang Bulan Puasa, Banyak PJU di Kabupaten Brebes Rusak

Jelang Bulan Puasa, Banyak PJU di Kabupaten Brebes Rusak

RUSAK- Salah satu PJU yang berada di ruas jalan lingkar dalam kondisi rusak warga berharap dapat dilakukan perbaikan seiring dengan datangnya bulan Ramadan.-TEGUH SUPRIYANTO/RADAR BREBES -

BUMIAYU, DISWAYJOGJA - Menjelang datangnya bulan Ramadan, warga Kecamatan Bumiayu, Kabupaten Brebes berharap adanya penanganan terhadap kerusakan terhadap sarana lampu Penerangan Jalan Umum (PJU) yang saat ini dalam kondisi padam.

Fathurokhman, tokoh masyarakat Bumiayu mengeluhkan kondisi tersebut. Dikatakan, seiring dengan akan datangnya bulan Ramadan maka kebutuhan masyarakat terkait fasilitas penerangan umum sangat dibutuhkan.

"Kondisi ini disebabkan, pada bulan puasa aktitifitas masyarakat akan meningkat pada malam hari. Baik untuk melaksanakan tarawih, sahur atau lainnya. Jika kondisi PJU padam, maka jelas akan menghambat," kata Fathurokhman, Sabtu, 17 Februari 2024.

BACA JUGA:2024, Ajuan Anggaran Pemeliharaan Lampu PJU di Kabupaten Tegal Tidak Disetujui Tim Banggar

Dikatakan, saat ini sarana PJU di sejumlah titik dalam kondisi tidak berfungsi. Kondisi tersebut tersebar baik di lingkungan pemukiman warga, jalan dalam kota dan jalan lingkar Bumiayu.

"Kondisi seperti ini semestinya mendapat prioritas penanganan, sebab baik masyarakat yang tinggal di wilayah pedesaan maupun kota, memiliki kewajiban yang sama dalam membayar pajak penerangan jalan umum setiap membayar rekening tagihan," ungkapnya.

Dia mencontohkan, salah satu lokasi kerusakan PJU yang berada di ruas jalan KH Ahmad Dahlan Bumiayu. Kondisi gelap akibat tidak berfungsinya PJU, semakin diperparah kerusakan jalan yang belum mendapat penanganan.

"Dalam satu minggu ini sudah empat kali terjadi insiden kecelakaan, meski tidak sampai menimbulkan korban jiwa tapi jelas sangat membawa dampak buruk jika tidak segera ditangani," jelasnya.

BACA JUGA:Main Bola Depan Masjid, Pelajar MI Tewas Diduga Tersengat Arus Listrik Lampu Penerangan

Sementara Dinas Perhubungan melalui Korsatpel Bumiayu Edi Susanto saat dikonfirmasi, tidak memungkiri adanya kerusakan PJU di sejumlah titik jalan baik yang berada di ruas jalan utama maupun pemukiman.

"Kami telah melakukan infentarisir kerusakan, untuk kemudian disampaikan ke tingkat Kabupaten. Untuk itu, perbaikan dilaksanakan secara bertahap," terang Edi. (*) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: