Legenda Cerita Rakyat? Wisata Terbaru 2024, Pesona Tangkuban Perahu Bikin Terkesima Wajib Dikunjungi!

Legenda Cerita Rakyat? Wisata Terbaru 2024, Pesona Tangkuban Perahu Bikin Terkesima Wajib Dikunjungi!

wisata terbaru 2024 Tangkuban Perahu-Tiket.com-google

DISWAY JOGJA - Indonesia sebagai negara kepulauan terbesar di dunia, menawarkan keindahan alam yang luar biasa mempesona. Keindahan alam ini membuat banyak tempat dijadikan wisata terbaru 2024 di Indonesia.

Wisata terbaru 2024 di Indonesia sangatlah beragam, mulai dari wisata alam, wisata edukasi, hingga wisata edukasi yang tersebar di wilayah Indonesia.

Salah satu destinasi wisata alam dengan pemandangan alam yang mempesona wajib kamu kunjungi adalah Tangkuban Perahu.

Gunung Tangkuban Perahu yang berada di Cikahuripan, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat dan Kabupaten Subang ini merupakan salah satu ikon wisata terbaru 2024 di Jawa Barat.

BACA JUGA:3 Destinasi Wisata Terbaru 2024 Cikarang? Paling Hits Punya Nuansa Alam Asri, Nomor 2 Paling Ramai Dikunjungi!

Gunung ini selalu dikaitkan dengan kisah legenda Sangkuriang yang jatuh cinta kepada Dayang Sumbi, ibunya sendiri. Ketika sangkuriang ingin menikahi ibunya sendiri, Dayang Sumbi memberikan syarat kepadanya dimana mengharuskan untuk membangun perahu dan telaga dalam satu malam.

Tetapi usahanya gagal, sehingga perahu tersebut ditendang. Nah, posisi perahu yang terbalik saat ditendang ini konon membentuk Gunung Tangkuban Perahu.

Gunung Tangkuban Perahu berada di ketinggian 2.084 mdpl dan yang menjadi daya tarik wisatawan adalah gunung ini mempunyai kawah aktif.

Gunung Tangkuban Perahu dilengkapi dengan fasilitas taman edukasi, outbond, masjid, menara pandang, panggung budaya, pos kesehatan, tempat oleh-oleh, aula serbaguna, dan area parkir.

Lalu apa saja sih aktivitas seru yang bisa dilakukan ketika mengunjungi wisata terbaru 2024 bernuansa alam Gunung Tangkuban Perahu ini? Berikut beberapa aktivitas yang bisa kamu coba.

1. Outbound

Bagi kamu yang suka dengan permainan atau kegiatan diluar ruangan, di kawasan Gunung Tangkuban Perahu ini tersedia area outbound yang bisa dilakukan oleh anak-anak hingga orang dewasa.

Luas area outbound Tabgkuban Perahu ini mencapai sekitar 2,5 hektar dan juga dilengkapi dengan 33 jenis permainan didalamnya.

BACA JUGA : Wisata Terbaru 2024 dan Murah di Yogyakarta? Mulai Lima Belas Ribuan? Wajib Kamu Kunjungi!

2. Melihat kawah Gunung Tangkuban Perahu

Aktivitas pertama yang bisa dinikmati oleh wisatawan di Tangkuban Perahu yaitu melihat keindahan alam kawah aktif, seperti Kawah Domas, Kawah Ratu, Kawah Upas, dan Kawah Baru.

Pastikan kamu bisa datang lebih pagi jika ingin menjelajahi semua kawah di Tangkuban Perahu, pasalnya jarak antar satu kawah dengan kawah lainnya bisa dibilang cukup jauh.

3. Bermain di kebun anggrek

Wisata terbaru 2024 bernuansa alam Gunung Tangkuban Perahu ini dilengkapi dengan kebun anggrek atau orchid garden, dimana kebun anggrek ini mengusung konsep taman edukasi.

Di taman edukasi ini ada berbagai macam jenis anggrek yang cantik dari berbagai wilayah, jadi kamu bisa liburan sambil mengenal anggrek di seluruh indonesia.

Taman anggrek juga sangat cocok untuk foto atau sekedar selfie, lantaran suasana tempatnya menarik dan instagramable.

4. Melihat flora dan fauna endemik

Selain menikmati keindahan alam dari Gunung Tangkuban Perahu, wisatawan juga bisa melihat dan berjumpa dengan aneka flora dan fauna endemik.

Flora endemik yang ada di wisata terbaru 2024 Tangkuban Perahu yaitu Puspa, Jamuju, Mara, Rengas, Saninten, Ki Hiur, Walan, Panda Hutan, hingga Rotan Bubuay.

Sedangkan fauna endemik di Tangkuban Perahu ada lutung, owa Jawa, macan tutul, babi hutan, elang Jawa, surili, kipasan ekor merah, hingga cucak kunung.

BACA JUGA : 5 Tren Khas dan Unik? Wisata Terbaru 2024 Hanya Ada di Indonesia, Negara Lain Tidak Punya!

Harga tiket masuk untuk wisata lokal pada hari kerja (weekday) Rp. 20.000 per orang, dan Rp. 30.000 per orang pada akhir pekan (weekend) dan libur nasional. Sedangkan harga tiket wisatawan mancanegara pada weekday Rp. 200.000 per orang, dan Rp. 300.000 per orang pada weekend dan libur nasional.

Wisata terbaru 2024 bernuansa alam Gunung Tangkuban Perahu buka setiap hari dari hari Senin sampai Minggu, mulai pukul 08.00 sampai 17.00 WIB.

Itulah informasi lengkap mengenai tempat wisata terbaru 2024 Tangkuban Perahu yang dapat dijadikan panduan ketika kamu akan berlibur kesana.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: