Tegal Punya! Wisata terbaru 2024, Mengenal Jamu Khas Indonesia Secara Detail Jadi Alternatif Wisata Sehat!

Tegal Punya! Wisata terbaru 2024, Mengenal Jamu Khas Indonesia Secara Detail Jadi Alternatif Wisata Sehat!

Wisata Kesehatan Jamu 2024 Kalibakung Kabupaten Tegal-detikTravel-detikcom-google

DISWAY JOGJA - Tegal merupakan kota/kabupaten yang ada di Jawa Tengah yang dijuluki sebagai Kota Bahari, karena berada di wilayah pesisir utara Jawa Tengah. Dengan letaknya yang strategis, membuat Tegal banyak membuka destinasi wisata terbaru 2024 yang menarik.

Kota ini dulunya bernama Tetegal dan berubah menjadi Tegal dengan harapan menjadi kota yang makmur dan berkembang. Tegal berdiri sekitar tahun 1580 yang telah dikelola oleh Ki Gede Sebayu.

Tak hanya dikenal sebagai surga kuliner, Tegal mempunyai destinasi wisata 2024 yang dijamin membuat para wisatawan yang berkunjung akan merasakan pengalaman luar biasa.

Beberapa rekomendasi wisata terbaru 2024 Tegal ini selalu menjadi destinasi wisata favorit wisatawan baik yang ada di sekitar wilayah Tegal maupun dari luar kota.

BACA JUGA : Serius Termurah? 6 Rekomendasi Wisata Terbaru 2024 Hotel atau Penginapan, dengan Pemandangan Alam Guci Tegal!

Salah satunya Kabupaten Tegal yang mempunyai destinasi Wisata Kesehatan Jamu (WKJ) di Desa Kalibakung, Kecamatan Balapulang.

Sejak zaman dulu, tanaman herbal sudah menjadi tradisi yang digunakan sebagai obat tradisional untuk mengobati berbagai macam penyakit.

Wisata Kesehatan Jamu ini memanfaatkan potensi kekayaan alam yang ada di Indonesia untuk dijadikan sebagai destinasi wisata sekaligus pelayanan kesehatan untuk masyarakat.

Di Provinsi Jawa Tengah, keberadaan wisata kesehatan ini merupakan fasilitas kesehatan jamu kedua setelah Tawangmangu, Karanganyar.

Asal kamu tahu, lokasi yang kini menjadi tempat wisata terbaru 2024 ini dulunya adalah sebuah tempat wisata berenang. Karena tidak terawat, akhirnya Pemerintah Kabupaten Tegal membiarkanya mati tidak ter urus.

Nah, dari bangkai yang ada ditempat itu dijadikan tempat untuk menanam segala bibit tanaman obat oleh Bupati Tegal.

Wisata Kesehatan Jamu Kalibakung berdiri di tanah seluas 2,5 hektare terletak di lereng Gunung Slamet. Obyek wisata terbaru 2024 ini umumnya seringkali dikunjungi oleh para rombongan siswa sekolah dan ibu-ibu yang ingin mengenal berbagai jenis tanaman obat.

Ketika berkunjung ke wisata ini, wisatawan bisa mendapatkan pengetahuan tentang proses pembuatan sekaligus manfaat jamu bagi tubuh.

Wisata terbaru 2024 berkonsep kesehatan ini tergolong paling istimewa di Tegal, pasalnya jarang ada ditemukan di daerah lain.

BACA JUGA : Gaskeun Bandung Timur? Wisata Terbaru 2024, Destinasi Monumental Belajar Sejarah Sambil Piknik Asyik!

Kurang lebih terdapat sekitar 280 jenis tanaman herbal atau obat yang diberi label nama dan manfaat kesehatannya.

Yang bikin menarik, para wisatawan yang berkunjung dapat melakukan konsultasi untuk mendapatkan obat herbal bagi penyakit tertentu dengan tenaga kesehatan profesional.

Dengan hadirnya Wisata Kesehatan Jamu (WKJ) ini menjadi objek wisata terbaru 2024 edukasi yang dibuat untuk mengenalkan berbagai jenis tanaman herbal atau obat beserta manfaatnya khususnya kepada kaum muda dan masyarakat luas.

Wisata ini juga dilengkapi berbagai pelayanan seperti halnya di rumah sakit. Terdapat ruang pendaftaran, ruang tunggu pasien, sampai ruang periksa pasien. Hanya saja yang membedakan, apotek di Wisata Kesehatan Jamu ini digantikan dengan griya jamu.

Harga tiket saat berkunjung ke wisata terbaru 2024 di Kalibakung ini yaitu pada saat weekday Rp. 5.000, dan pada saat weekend Rp. 5.000 (atau mungkin bisa naik).

Untuk jam operasional Wisata Kesehatan Jamu (WKJ) ini terdapat beberapa kelompok waktu. Yaitu hari senin-kamis buka dari jam 07.00-14.00 WIB, hari jumat-sabtu buka dari jam 07.00-12.30 WIB, dan hari minggu dari jam 07.00-21.30 WIB.

BACA JUGA : Pesona Golaga Purbalingga Nih! Wisata Terbaru 2024, Banyak Spot Unik dan Instragamable Wajib Kamu Cobain!

Dari wisata Kesehatan Jamu yang ada di Kalibakung ini kamu akan mendapatkan lebih dari satu manfaat, selain sehat kamu juga bisa belajar mengenai tanaman-tanaman apa saja yang bisa dijadikan obat.

Jadi, kapan nih kamu merencanakan berkunjung ke Obyek Wisata terbaru 2024 Kesehatan Jamu di Kalibakung, Kabupaten Tegal? Jangan lupa untuk selalu mematuhi protokol kesehatan disana ya!(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: