Wow!!! Wisata Terbaru 2024 Tegal, Misteri Candi Perdaban Hindu Kuno Penuh Sejarah

Wow!!! Wisata Terbaru 2024 Tegal, Misteri Candi Perdaban Hindu Kuno Penuh Sejarah

Candi Kesuben Tegal--

DISWAY JOGJA - Kabupaten yang terletak di provinsi Jawa Tengah memiliki banyak sejarah peradaban. Dengan julukannya Teh Poci, kabupaten Tegal memiliki wisata terbaru 2024.

Kabupaten Tegal memiliki luas 878,8 Km persegi. Dan terbagi secara administratif menjadi 18 kecamatan, 281 desa dan 6 kelurahan. Bahkan, potensi wisata terbaru 2024 juga semakin bertambah di daerah ini.

Setiap tanggal 18 Mei masyarakat kabupaten Tegal merayakan hari jadinya. Hal ini tidak dilupakan akan sosok pendirinya yaitu Ki Gede Sebayu.

Salah satu desa dari wilayah kabupaten Tegal memiliki wisata terbaru 2024. Wisata itu dikenal dengan Candi Kesuben.

Candi kesuben berada di Desa Kesuben, Kecamatan Lebaksiu Kabupaten Tegal. Banyak juga yang menyebut Candi Kesuben dengan sebutan Bratawali atau Bata Wali.

Candi ini, menjadi destinasi wisata terbaru 2024 ditemukan pada pertengahan tahun 2011 disalah satu pekarangan warga. Candi atau Bratawali diperkiraan peninggalan abad ke 7.

Para arkeolog berbondong melakukan penelitian bersama pada candi ini. Dan menyimpulkan bahwa candi ini merupakan peninggalan peradaban Hindu kuno.

BACA JUGA : Explor Wajah Fresh Wisata Terbaru 2024!! Tampilan Taman Mini Indonesia Indah Wisata Komplit Sambil Belajar

Penelitian ini menghasilkan temuan berupa struktur bangunan candi dari bata, antefiks-antefiks serta arca batu. Sayangnya Bratawali sendiri hanya tersisa pondasi saja yang kini menjelma sebagai wisata terbaru 2024.

Yang memiliki tinggi 15 cm dengan luas area 8,2 x 8,2 meter. Uniknya candi ini dibangun dengan bahan batu bata merah dan tanpa perekat.

Batu batanya rata rata berukuran Panjang 30 cm, lebar 22 cm, serta tebal 10 cm. Namun terdapat juga bata yang memiliki panjang 27-32 cm, lebar 20-22 cm, dan tebal 6-9 cm.

Bukan hanya itu saja, didalam penelitian. Para arkeolog menemukan juga fragmen Kepala Kala. Kala sendiri merupakan gambaran Binatang yang sangat menyeramkan, mulut menganga, serta bermata bulat.

Kala sendiri biasanya berada di atas ambang pintu masuk candi. Yang berarti kemungkinan pintu masuk candi tidak jauh berada pada ditemukannya kala. 

Kala yang ditemukan pada candi kesuben terdapat 2 kala. Kala yang pertama menggambarkan dengan mata melotot, mulut tertutup serta distilir bibi bawah dan tidak memiliki taring.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: