5 Pejabat Baru Eselon II Dilantik, Gubernur DIY Sri Sultan HB X Berharap Birokrat Jadi Sumber Inspirasi

5 Pejabat Baru Eselon II Dilantik, Gubernur DIY Sri Sultan HB X Berharap Birokrat Jadi Sumber Inspirasi

5 pejabat baru Pimpinan Tinggi Pratama (Eselon II) di lingkungan Pemda DIY dilantik Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono (HB) X, di Bangsal Kepatihan, Yogyakarta, Jumat, 2 Februari 2024.-DOK.-

DISWAYJOGJA – 5 pejabat baru Pimpinan Tinggi Pratama (Eselon II) di lingkungan Pemda DIY dilantik Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono (HB) X, di Bangsal Kepatihan, Yogyakarta, Jumat, 2 Februari 2024. Dalam kesempatan itu, Sri Sultan berharap pelantikan tersebut dijadikan momentum percepatan pembangunan.

Menurut Sri Sultan, dalam konteks kepemimpinan, regenerasi tidak hanya sekadar pergantian. Namun, sebuah simfoni pembaharuan dan upaya memelihara dinamika pemerintahan yang terus bergerak maju.

“Momentum ini, jangan dipandang sebatas peremajaan usia, tetapi juga menjadi momentum penyegaran ide dan semangat, untuk menjadi pengubah dan pembaharu,” jelas Sri Sultan.

BACA JUGA:Gubernur DIY Sri Sultan Ajak PNM Mekaar dan Nasabahnya Berkolabori dengan SiBakul Jogja

Dalam pengambilan sumpah untuk menduduki jabatan publik sebagai Pimpinan Tinggi Pratama, Sri Sultan mengungkapkan, bukan berarti menduduki kursi empuk di zona nyaman, tetapi justru membawa amanah dan tanggung jawab publik. Dalam menjalankannya perlu komitmen, kemauan kuat, dan nilai-nilai integritas, agar amanah itu bisa terwujud.

”Karena itu, sinergi dan koordinasi antar-OPD menjadi sangat penting dalam mewujudkannya. Jadilah bukan hanya birokrat yang bekerja di kantor, tetapi jadilah sumber inspirasi, dan insan peradaban, yang memberi manfaat dan kebaikan,” ungkap Sri Sultan.

Sri Sultan menambahkan, seorang pemimpin harus responsif terhadap perubahan lingkungan strategis serta dalam menetapkan kebijakan. Hal itu diperlukan penjiwaan sampai ke akar-akarnya. ”Ibarat pohon, solusinya bukan ada di buahnya, melainkan pada akar-akarnya,” Imbuh Sri Sultan.

BACA JUGA:Dikunjungi Gus Yahya, Sri Sultan Sanggupi Hadir pada Harlah NU

Bagi para pejabat baru, Sri Sultan menegaskan untuk berpikir dan bekerja berlandaskan budaya kerja seorang “Satriya”. Kemudian menyatu sebagai agen perubahan sejati. Selain itu, di tangan mereka pula, kesejahteraan rakyat Yogyakarta ini dipertaruhkan.

Sri Sultan berpesan kepada setiap Kepala OPD untuk selalu menjadi work-leader dan menjadi role-model bagi bawahan. Hal itu agar mereka termotivasi untuk berpikir cerdas, bergerak cepat, dan bekerja giat, dengan kegiatan yang tepat waktu, tepat biaya dan tepat sasaran.

“Bagaimana menerapkan keistimewaan DIY, dan menjabarkannya secara jelas agar menjadi sebuah gerakan kebudayaan masyarakat, adalah tantangan-tantangan ke depan yang harus diejawantah oleh Pejabat Pratama,” kata Sri Sultan.

BACA JUGA:Dialog dengan Anies Baswedan, Sri Sultan Bahas soal Kebhinnekaan

Dikekahui, kelima Pimpinan Tinggi Pratama (Eselon II) yang dilantik yakni, Teguh Suhada sebagai Kepala Biro Umum Humas dan Protokol Setda DIY, Hary Setiawan sebagai Kepala Biro Hukum Setda DIY, Danang Setiadi sebagai Kepala Biro Bina Pemberdayaan Masyarakat Setda DIY, Kurniawan sebagai Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah DIY, dan Christina Erni Widyastuti sebagai Kepala Badan Pendidikan dan Pelatihan DIY. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: