Jelajahi Keindahan Wisata Terbaru Religi Terpopuler 2024, Masjid Raya Al Jabbar Bandung

Jelajahi Keindahan Wisata Terbaru Religi Terpopuler 2024, Masjid Raya Al Jabbar Bandung

Menjelajahi Keindahan Wisata Religi Terpopuler 2024 Masjid Raya Al Jabbar Bandung -disway jogja-instagram.com/masjid_aljabar

DISWAY JOGJA- Masjid Raya Al Jabbar merupakan tempat ibadah dan wisata religi terbaru 2024 di Bandung. Lokasi Masjid Raya Al Jabbar beradadi Jalan Cimincrang NO.14, Cimenerang, Kecamatan Gedebage, Kota Bandung, Jawa Barat. 

Simak berikut ini info wisata religi terbaru 2024 di Bandung :

Masjid Raya Al Jabbar terkenal dengan destinasi wisata religi terbaru 2024 yang dikenal sebagai Masjid Terapung karena dibangun di tengah danau dengan lahan seluas 25 hektar sehingga tampak seperti mengapung.

Masjid Raya Al Jabbar menjadi ikon Baru kota Bandung sehingga para masyarakat tertarik untuk berkunjung ke Masjid Raya Al Jabbar. Mengingat Provinsi Jawa Barat mayoritas dari kalangan muslim.

BACA JUGA : Ini Dia 7 Wisata Terbaru di Bandung Wajib Masuk Daftar List Liburan Kalian

Wisatawan yang akan masuk kedalam masjid harus melewati jembatan ditemani oleh suara gemercik air mancur. Masjid Raya Al Jabbar terbuka untuk semua kalangan mulai dari anak-anak, pelajar, masyarakat dan organisasi.

Terdapat musium Rasuluallah SAW mulai dari lahir sampai wafat dan sejarah –sejarah islam terletak di lantai dasar masjid serta dilengkapi perpustakaan untuk dijadikan pusat edukasi modern terletak di lantai dasar masjid dekat dengan kafetaria dengan memberikan akses gratis buku  kepada wisatawan dan adanya ruangan untuk rapat maupun diskusi.

Adanya taman tematik bertujuan untuk sarana pembelajaran yang membuat anak –anak tidak merasa bosan sehingga terhibur dengan adanya taman tematik yang menceritakan kisah lima nabi.

Letak taman tematik beradadi sebelah kanan bangunan masjid dipisahkan oleh danau yang mengelilingi masjid. Pembangunan taman tematik di rancang sesuai cerita masing-masing Nabi 

Masjid Raya Al Jabbar memiliki beberapa fasilitas menarik yang memberikan kenyamanan pengunjung bisa dipakai sarana edukasi, religi dan lainya. 

BACA JUGA : Nikmati Keindahan Bandung: 6 Rekomendasi Wisata di Bandung yang Wajib Anda Kunjungi

Beberapa fasilitas Masjid Raya Al Jabbar antara lain area parkir yang luas, plaza selasar, ruang sholat utama, Ma’rodh, ruang sholat mezzanine dan akses kursi roda.

Masjid Raya Al Jabbar diarsiteki oleh Ridwan Kamil yang mempunyai desain unik, dimana bentuk dari kubah masjid menyerupai sisik ikan dan menara yang menjulang tinggi mencapai 99 meter berjumlah empat. 

Daya tampung Masjid Raya Al Jabbar bisa mencapai 50.000 jamaah apabila seluruh are masjid digunakan untuk beribadah. Sedangkan area dalam masjid bisa menampung 20.000 orang. Untuk area di dalam masjid terbagi menjadi dua yaitu lantai bawah digunakan jamaah laki-laki dan lantai atas digunaan untuk jamaah perempuan.

Jam operasional Masjid Raya Al Jabbar mengikuti jam –jam ibadah, di antaranya mulai dari pukul 04.00 dan 20.00 WIB setiap hari. Untuk masuk tidak diberlakukan pemberian tiket. Namun untuk parkir luar masjid dikenakan biaya mulai dari Rp 2.000 kendaraan roda dua dan kendaraan roda empat Rp 10.000 .

BACA JUGA : Update 7 Wisata Terbaru di Bandung, Rekomendasi untuk Liburan Keluarga

Konsep bangunan Masjid Raya Al Jabbar berasal dari rumus matematika aljabar sekaligus nama ilmuwan tersohor di dunia. Pintu dari Masjid Raya Al Jabbar berjumlah 27 yang menyimbolkan 27 Kabupaten/ Kota di Jawa Barat. Bentuk ukiran batik masing-masing pintu berbeda-beda  menunjukan ciri khas masing-masing daerah.

Diharapkan Masjid Raya Al Jabbar terus menjadi tempat wisata religi yang banyak diminati dari semua kalangan. Para wisatawan bisa menjaga kebersihan, sopan santun dan etika saat datang Masjid Raya Al Jabbar.

Jangan sampai kelewatan untuk berkunjung melihat Keindahan Wisata Terbaru 2024 Religi Terpopuler  Masjid Raya Al Jabbar Bandung. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: