Wisata Terbaru Tebing Breksi 2024, Sekarang Makin Asyik Loh Yogyakarta Gak Ada Matinya

Wisata Terbaru Tebing Breksi 2024, Sekarang Makin Asyik Loh Yogyakarta Gak Ada Matinya

Wisata terbaru Tebing Bresik-disway jogja-instagram.com/jemmyfrnando

DISWAY JOGJA - Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) selalu menawarkan wisata terbaru 2024 yang beragam jenisnya mulai dari perbukitan, pantai dan masih banyak lagi.

Tak hanya seni-budaya dan kuliner saja, Yogyakarta juga kaya akan wisata alam yang memesona. Salah satunya adalah Wisata terbaru 2024 Tebing Breksi yang terletak di Desa Lengkong, RT.02/RW.17, Sambirejo, Kec. Prambanan, Kab. Sleman, DIY, tepatnya berada di sebelah selatan Candi Prambanan, berdekatan dengan Candi Ijo dan juga Kompleks Keraton Boko.

Nah, sebelum berkunjung mari simak dulu informasi seputar wisata terbaru 2024 Tebing Breksi ini yuk!

Sebelum menjadi tempat wisata terbaru, Tebing Breksi merupakan tempat penambangan batuan alam. Kegiatan penambangan ini dilakukan oleh masyarakat sekitar.

Di lokasi penambangan terdapat tempat-tempat pemotongan batuan hasil penambangan untuk dijadikan bahan dekorasi bangunan.

BACA JUGA : Catat Please!! Rekomendasi Tempat Wisata Terbaru di Jogja 2024 yang Cocok untuk Liburan Keluarga

Kini, penggarapan Tebing Breksi sudah sangat terlihat hasilnya.

Menjulang setinggi sekitar 30 meter, batuan kapur raksasa berlapis-lapis ini sudah dipahat membentuk relief dan patung dari cerita pewayangan, pahatan Arjuna membunuh Buto Cakil, pahatan naga dengan mahkotanya, dan patung Semar.

Sejak tahun 2014, Pemerintah menutup kegiatan penambangan di Tebing Breksi. Penutupan ini berdasarkan hasil kajian yang menyatakan bahwa batuan yang ada di lokasi penambangan ini merupakan batuan yang berasal dari aktivitas vulkanis Gunung Api Purba Nglanggeran.

Kemudian, lokasi penambangan ini ditetapkan sebagai tempat yang dilindungi dan tidak diperkenankan untuk kegiatan penambangan.

Setelah penutupan aktivitas tambang tersebut, masyarakat setempat mendekorasi lokasi bekas pertambangan ini menjadi destinasi wisata.

Pada 30 Mei 2015, akhirnya Sri Sultan Hamengku Buwono X meresmikan Tebing Breksi sebagai tempat wisata baru di Yogyakarta.

BACA JUGA : Buruan Cek !! 5 Wisata Terbaru Untuk Anak di Jogja, Bisa Asik Bermain Sambil Belajar

Ada berbagai macam tawaran objek-objek swafoto seperti yang ada sekarang ini. Di samping burung hantu jinak di tangga masuk, setidaknya ada dua belas objek swafoto yang diletakkan di punggung tebing utama berselang-seling dengan rerumputan, kembang, dan pohon-pohon.

Lalu, seperti di Bukit Bintang atau Candi Ijo, ada pula tawaran memandang kota Yogyakarta dari ketinggian. Dari ketinggian Breksi, pucuk-pucuk tiga candi utama Prambanan, pesawat-pesawat hilir mudik di Adisucipto, serta jalanan dan lampu-lampu Yogyakarta menjadi suguhan lanskap yang memanjakan dan menjadi daya tarik wisatawan.

Makin indah semuanya saat senja mulai terlihat di langit, bila awan sedang sembunyi, matahari di sore hari akan terlihat dengan semua kemegahannya terbenam di garis semu Yogyakarta.

Dan masih banyak lagi hal yang bisa kalian lakukan di Tebing Bresik ini. Kallian bisa meminum secangkir kopi sambil melihat pemandangan senja di sore hari.

Diantarai oleh kolam ikan berair hijau dengan ikan koi yang berwarna-warni, jalur putih kapur, dan meja-meja payung di atas rumput, di sisi paling timur kawasan Breksi berjejer lapak-lapak kuliner yang menawarkan berbagai macam menu. Ada tongseng, rica-rica, dan soto.

BACA JUGA : Berikut 5 Daftar Wisata Terbaru di Jogja!! Cocok untuk Bantu Tumbuh Kembang Anak

Namun, barangkali yang paling terkenal adalah ayam ingkung Bu Asih, yang meskipun jauh dari pusat ingkung di Bantul, tetap sering dikunjungi oleh pejabat-pejabat yang ingin menyantap ingkung dengan suasana Breksi.

Indah sekali bukan, wisata alam memang enggak pernah gagal dalam menampilkan pemandangnnya, selalu ada yang menarik dari setiap wisata alam yang terbentuk.

Kini wisata Tebing Bresik telah menjadi wisata yang menorehkan banyak prestasi, bahkan telah mendapatkan penghargaan sebagai tempat wisata baru terpopuler 2017. Hal ini pantas-pantas saja, sebab di musim liburan, Tebing Breksi memang bisa mencatat jumlah pengunjung beribu-ribu.

Jadi apa alasan kalian untuk tidak berkunjung ke wisata terbaru 2024 Tebing Gresik ini? apalagi untuk kalian wisatawan sekitaran Jogja. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: