Kapal Nelayan KM Sanu Jaya di Pelabuhan Kluwut Brebes Kebakaran

Kapal Nelayan KM Sanu Jaya di Pelabuhan Kluwut Brebes Kebakaran

MEMADAMKAN - Petugas melakukan pemadaman api yang membakar kapal nelayan di Pelabuhan Desa Kluwut. -EKO FIDIYANTO/ RADAR BREBES -

BREBES, DISWAYJOGJA - Kapal nelayan di Pelabuhan Tempat Pendaratan Ikan (TPI) Desa Kluwut, Kecamatan Bulakamba, Kabupaten Brebes kebakaran, Kamis (25/1/2024). Sempat terjadi ledakan di dalam kapal yang akhirnya kobaran api makin membesar.

Diduga kebakaran terjadi karena korsleting listrik dari salah satu ruangan di kapal tersebut. Kebakaran kapal nelayan KM Sanu Jaya ini terjadi sekitar pukul 09.30 WIB dan upaya pemadaman masih dilakukan.

Agus Supriyanto, warga setempat yang melihat kejadian kebakaran perahu nelayan tersebut mengatakan, puluhan warga segera memberikan pertolongan dengan alat pemadam kebakaran sederhana. Sementara petugas pemadam kebakaran yang cepat merespons tiba di lokasi untuk memadamkan api.

BACA JUGA:Kebakaran Mess Karaoke New Orange, Pemkot Tegal Diminta Tinjau Ulang Perizinan Tempat Hiburan

Para nelayan dan warga langsung mengevakuasi. Mereka berusaha memindahkan perahu nelayan yang terbakar itu menggunakan tambang ke tempat yang aman.

”Perahu nelayan KM Sanu Jaya milik Wasmun ini diduga terbakar akibat mengalami korsleting listrik. Sebab, di dalam perahu terdapat barang-barang yang mengandung jaringan listrik dan mudah terbakar,” kata Agus, Kamis (25/1).

Tim gabungan hingga saat ini masih berupaya memadamkan api dengan menerjunkan dua armada pemadam kebakaran dari Damkar Brebes, Polres Brebes, dan mobil tangki BPBD Brebes. Dalam proses pemadaman itu, sejumlah kapal nelayan yang berada di dekat lokasi kebakaran diminta menjauh untuk mengantisipasi sambaran api ke kapal lain.

BACA JUGA:KM Agung Jaya l Kebakaran, Pemilik Kapal Diperiksa KSOP Kelas IV Tegal

Salah satu Anak Buah Kapal (ABK) kapal terbakar, Muroni mengatakan, saat itu dirinya sedang berada di ruang mesin kapal. Ada lima ABK yang berada di kapal dan tengah bekerja di bagian masing-masing. Dirinya mengaku tak mengetahui asal api yang membakar kapal tersebut, karena api tiba-tiba membesar. Para ABK pun langsung berhamburan keluar kapal untuk menyelamatkan diri masing-masing.

”Tiba-tiba api sudah berkobar. Para ABK langsung keluar untuk menyelamatkan diri,” ungkapnya.

Kapolres Brebes AKBP Guntur M. Tariq yang berada di lokasi kejadian menyebut, hasil penyelidikan sementara, kebakaran kapal terjadi lantaran korsleting listrik di salah satu ruangan. Namun pihaknya masih menunggu hasil dari Laboratorium Forensik (Labfor) Polda Jateng. Sementara kapal-kapal yang berada di lokasi kebakaran diminta menjauh.

BACA JUGA:New Orange Karaoke Kota Tegal Kebakaran, Ini Identitas Korban Meninggal Dunia

”Kapal-kapal yang berada di dekat lokasi kami pinggirkan untuk mengantisipasi terjadi sambaran api. Kapal-kapal lain segera kami evakuasi menjauh dari obyek," tandasnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: