6 Risiko Tidak Bayar Tagihan Shopee Paylater, yang Terakhir Paling Berbahaya!

6 Risiko Tidak Bayar Tagihan Shopee Paylater, yang Terakhir Paling Berbahaya!

6 risiko tidak bayar tagihan Shopee Paylater--

Pengguna Shopee Paylater yang tidak membayar tagihan sudah pasti akan dikenakan denda keterlambatan.

Dendanya scukup besar, yakni mencapai 5 persen dari total tagihan. Dengan denda sebesar itu maka pinjaman yang harus dikembalikan semakin besar.

Belum lagi jika pengguna tidak membayar tagihan Shopee Paylater hingga berbulan-bulan. Sudah pasti dendanya akan semakin besar dan bisa menggunung.

Untuk mendapatkan informasi lebih lengkap terkait denda, silahkan simak informasi sebelumnya mengenai 'Denda Keterlambatan Shopee Paylater'.

2. Skor Kredit Menurun

Riwayat pembayaran tagihan Shopee Paylater akan tercatat pada SLIK OJK. Jika tidak membayar tagihan Shopee Paylater akan mengakibatkan skor kredit di SLIK OJK turun dan berubah menjadi tidak lancar.

BACA JUGA : Mau Tahu Simulasi Perhitungan Cicilan Paylater Livin Mandiri Lengkap, Cek Disini!

Apabila laporan SLIK OJK jelek maka nama pengguna akan mengalami kesulitan jika ingin mengajukan pinjaman ke platform lain, termasuk pinjaman perbankan.

3. Masuk Daftar Hitam SLIK OJK

Bagi pengguna yang tetap tidak mau membayar tagihan maka harus siap namanya masuk ke dalam daftar black list SLIK OJK atau sebelumnya dikenal sebagai BI Checking.

Jika sudah masuk ke daftar hitam, jangan harap bisa mengajukan pinjaman ke bank ataupun pinjaman online lainnya. Pasti pengajuan akan ditolak dan harus menunggu sampai pencaputan blacklist dari SLIK OJK.

4. Akun Dinonaktifkan

Resiko jika tidak membayar tagihan Shopee Paylater selanjutnya adalah akun dinonaktifkan. Hal ini sangat wajar karena pihak Shopee tidak akan memberikan pinjaman kepada pengguna yang memiliki riyawat kredit buruk.

BACA JUGA : Kuy, Simak Bagaimana Sistem Pembayaran Livin Paylater? Begini Ulasan Lengkapnya

Meskipun belum dinonaktifkan, namun pengguna tetap tidak bisa mengajukan pinjaman selama tagihan belum lunas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: