Mitos Atau Fakta? Susu Kental Manis Bukanlah Susu, Simak Penjelasannya!

Mitos Atau Fakta? Susu Kental Manis Bukanlah Susu, Simak Penjelasannya!

Fakta dan Mitos Susu Kental Manis--Pinterest

DISWAY JOGJA - Susu Kental Manis atau yang sering kita kenal dengan singkatan SKM adalah produk yang biasa digunakan untuk makanan dan minuman.

Susu Kental Manis banyak digemari karena rasanya yang enak dan cocok digunakan sebagai tambahan berbagai menu makanan atau minuman.

Akan tetapi, beberapa waktu terakhir ini beredar kabar bahwa susu kental manis sebenarnya bukanlah susu. Hal ini karena komposisinya yang mengandung krimer saja, tidak ada susu.

Padahal dilihat dari komposisi yang tercantum pada kemasannya, kita dapat melihat bahwa tetap ada susu tertulis di sana.

BACA JUGA : 6 Rekomendasi Jus Alami yang Dapat Menjaga Kesehatan di Musim Hujan

 

Mengkaji dari BPOM

Perka (peraturan kepala) BPOM 21/2016 pun menyebutkan bahwasannya susu kental manis termasuk dalam subkategori susu kental. Susu ini memiliki kadar lemak susu tidak kurang dari 8%.

Melihat pula dari Peraturan Badan POM Nomor 34 Tahun 2019 berisi kategori pangan dan codex standard for sweetenes condensed milk yang masih mengkategorikan susu ini termasuk dalam produk susu.

Susu ini dapat digunakan sebagai bahan pelengkap untuk makanan maupun minuman. Misalnya untuk topping makanan atau bahan pemanis untuk minuman.

Melihat kandungannya, susu kental manis pun tetap dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan kelori harian meskipun tidak dapat digunakan sebagai bahan konsumsi utama. Sebanyak 6% kebutuhan kalori harian untuk orang dewasa dapat dipenuhi dengan mengonsumsi susu ini.

Lalu, mengapa ada anggapan bahwa susu ini bukanlah susu?

BACA JUGA : Ternyata, Buah Melon Punya Sederet Manfaat Vitamin dan Nutrisi. Berikut Ulasannya

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: