Mesin Cuci Anda Tidak Bisa Berputar? Ini Dia 5 Penyebabnya!

Mesin Cuci Anda Tidak Bisa Berputar? Ini Dia 5 Penyebabnya!

Kenapa Mesin Cuci Tidak Bisa Berputar--aquaelektronik.com

Penyebab terakhir mesin cuci tidak bisa berputar adalah motor mesin cuci yang rusak. Hal ini biasanya terjadi pada mesin cuci yang sudah tua.

BACA JUGA : Woow,,,Harga Mesin Cuci Panasonic 2 Tabung 8 Kg, Harga Mulai 1 Jutaan, Yuk Intip Spesifikasinya

Jenis-Jenis Mesin Cuci dan Kenapa Mesin Cuci Tidak Bisa Berputar

Mesin cuci hadir dalam beberapa jenis, salah satunya adalah mesin cuci 2 tabung. Mesin cuci ini memiliki tabung besar untuk mencuci, membilas, dan memberikan pelembut pada pakaian, serta tabung kecil sebagai pengering. Namun, terkadang mesin cuci ini mengalami masalah ketidakmampuannya untuk berputar.

Jenis lainnya adalah mesin cuci 1 tabung, yang hanya memiliki satu tabung besar untuk mencuci, membilas, dan mengeringkan pakaian. Mesin cuci ini memberikan kemudahan karena tidak perlu memindahkan pakaian dari satu tabung ke tabung lainnya. Namun, terkadang mesin cuci ini juga mengalami kendala tidak dapat berputar.

BACA JUGA : 7 Rekomendasi Mesin Cuci Harga Terjangkau dengan Kinerja Handal!

Cara Memperbaiki Mesin Cuci yang Tidak Berputar

Masalah mesin cuci yang tidak berputar dapat diatasi dengan langkah-langkah tertentu. Jika mesin cuci 2 tabung mengalami kendala, pertama-tama perhatikan kapasitas mesin cuci. Kapasitas yang terlalu banyak dapat membuat mesin cuci tidak berputar, sehingga kurangi kapasitasnya. Selanjutnya, periksa kondisi kabel dinamo yang mungkin putus, dan pastikan tali karet penghubung antara dinamo dan tabung tidak kendur.

Untuk mesin cuci 1 tabung top loading yang tidak berputar, periksa water level pressure switch yang berfungsi sebagai sensor tekanan air. Ganti komponen ini jika diperlukan. Bersihkan bagian filter katup otomatis, dan pastikan tekanan air mencukupi.

Sementara itu, pada mesin cuci 1 tabung front loading, cek kondisi v belt yang mendorong putaran motor ke tabung. Ganti jika kendur atau lepas. Gantilah motor listrik jika mengalami kerusakan, dan pastikan colokan mesin cuci terpasang dengan baik.

BACA JUGA : 12 Rekomendasi Mesin Cuci Harga 1 Jutaan Terbaik 2023, Hemat Budget Tanpa Mengorbankan Kualitas

Tips Perawatan Mesin Cuci dan Kenapa Mesin Cuci Tidak Bisa Berputar

Perawatan mesin cuci sangat penting untuk memastikan kinerjanya tetap optimal. Hindari mengisi pakaian melebihi kapasitas, jangan biarkan pakaian tertinggal dalam mesin cuci terlalu lama, dan sesuaikan mode pencucian dengan jenis bahan pakaian. Selalu cabut colokan mesin cuci setelah digunakan untuk menjaga tekanan listrik yang stabil.

Cara Membersihkan Mesin Cuci dan Kenapa Mesin Cuci Tidak Bisa Berputar

Membersihkan mesin cuci juga merupakan bagian dari perawatannya. Gunakan air hangat dengan tambahan cuka putih atau klorin untuk membersihkan kerak di dalam mesin cuci. Bersihkan bagian luar mesin cuci dengan lap yang lembab dan sedikit sabun. Pastikan mesin cuci tertutup dengan baik ketika tidak digunakan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: