Presiden Jokowi Resmikan Jembatan Pemali Sisi Utara, Ribuan Warga Brebes Antusias

Presiden Jokowi Resmikan Jembatan Pemali Sisi Utara, Ribuan Warga Brebes Antusias

--

BREBES, DISWAY JOGJA - Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, meresmikan jembatan Sungai Pemali Brebes sisi utara, Rabu (3/1) sore. Meski pengerjaannya sempat molor beberapa bulan, perbaikan tersebut akhirnya selesai dan bisa dilewati kendaraan.

Peresmian Jembatan Sungai Pemali, menjadi rangkaian kunjungan kerja Presiden Jokowi dari Kota Tegal dan Kabupaten Tegal. Bahkan, kedatangan orang nomor satu di Indonesia itu disambut antusias ribuan warga.

Merespon antusiasme masyarakat, Presiden Jokowi menyapa warga dan membagikan kaos, buku hingga sembako. Peresmian Jembatan Pemali, berlangsung setelah menyapa karyawan PT Tong Tji Tea Indonesia. Termasuk, mengecek persediaan beras dan penyerahan bantuan Cadangan Beras Pemerintah di Kabupaten Tegal.

Ribuan warga Brebes yang antusias, menunggu kedatangan Presiden Jokowi sejak pukul 13.00 WIB. Meski menunggu lama, mereka rela mandi panas matahari dan memadati lokasi peresmian Jembatan Sungai Pemali.

BACA JUGA : Presiden Jokowi Direncanakan Berkunjung ke Tegal-Brebes. Berikut jadwalnya

Presiden Jokowi tiba di Kota Brebes, sekitar pukul 16.15 WIB melalui jalur darat dengan kendaraan Indonesia 1. Ayah Gibran Rakabuming itu, meresmikan Jembatan Sungai Pemali ditandai dengan menekan tombol sirine dan penandatanganan prastasti.

Selain meresmikan Jembatan Sungai Pemali, Presiden Jokowi juga meresmikan 5 jembatan lain di Jawa Tengah. Yakni, Jembatan Pedes di Kabupaten Brebes, Jembatan Kalibanger A di Kota Semarang, Jembatan Wonokerto 2A di Kabupaten Demak, Jembatan Juwana 1A di Kabupaten Pati dan Jembatan Pang 1A di Kabupaten Rembang.

Dalam sambutannya, Presiden Jokowi juga telah meresmikan tiga jembatan dilintas selatan secara simbolis. Termasuk, peresmian enam jembatan pengganti yang layanan usianya sudah lebih dari 40 tahun. Sebab, kondisinya memang sudah tidak layak dan beban berat yang setiap hari melintasi jembatan.

"Dengan mengucap bismilahirohmanirrahim, sore hari ini Jembatan Pemali dan Pedes di Kabupaten Brebes, Jembatan Kalibanger A di Semarang, Jembatan Wonokerto 2A di Kabupaten Demak, Jembatan Juwana 1A di Kabupaten Pati dan Jembatan Pang 1A di Kabupaten Rembang saya resmikan untuk bisa digunakan," ungkap Jokowi.

presiden-jokowi-ke-tegal-bagi-beras-ke-1000-keluarga-dan-cek-stok-cadangan-pemerintah

Setelah meresmikan Jembatan Sungai Pemali, Jokowi menyempatkan diri mengecek hasil pembangunan jembatan. Kemudian, menyapa warga Brebes sudah lama menanti kedatangannya dengan kaos serta buku kepada masyakarat.

Seperti diketahui, Jembatan Sungai Pemali diperbaiki total sejak Juli tahun 2022 lalu. Rencana awal, selesai pengerjaan pada bulan April tahun 2023 tapi baru selesai pada November 2023 (molor tujuh bulan-red). Teknis perbaikannya, konstruksi jembatan ditinggakan hingga 1,5 meter agar gelagar jembatan tidak menyentuh debit air sungai saat banjir.

resmikan-jembatan-sungai-pemali-presiden-jokowi-disambut-ribuan-warga-brebes

Kunjungan kerja Presiden Jokowi, berakhir setelah meresmikan Jembatan Pemali dan langsung menuju Cirebon. Selanjutnya, bertolak menuju Jakarta beserta rombongan melalui jalur udara menggunakan pesawat Puma. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: