Pemda DIY Kembali Raih Anugerah Parahita Ekapraya Kategori Utama

Pemda DIY Kembali Raih Anugerah Parahita Ekapraya Kategori Utama

Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda DIY Tri Saktiyana menjelaskan tentang Anugerah Parahita Ekapraya -DOK.-

 

DISWAYJOGJA - Pemda DIY berhasil kembali meraih Anugerah Parahita Ekapraya di 2023 ini. Penganugerahan Parahita Ekapraya untuk Kategori Utama yang dilakukan pada Selasa (19/12) di Jakarta itu diterima Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda DIY Tri Saktiyana mewakili Gubernur DIY.

BACA JUGA:Hasil Pemeriksaan Inspektorat DIY 2023; Ditemukan 310 Temuan dan 735 Rekomendasi

 

Penganugerahan tersebut diserahkan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) RI I Gusti Ayu Bintang Darmawati Puspayoga.

 

Menurut Tri Saktiyana, penganugerahan Parahita Ekapraya di 2023 ini merupakan penilaian untuk periode 2021 dan 2022. Penganugerahan Parahita Ekapraya didasarkan atas hasil Evaluasi Penyelenggaraan Pengarusutamakan Gender (PUG) 2022 yang telah disampaikan oleh Kementerian/Lembaga, Pemerintah Provinsi, dan Pemerintah Kabupaten/Kota.

 

BACA JUGA:Pemutakhiran Data Hasil Pemeriksaan Inspektorat DIY Jadi Langkah Krusial Evaluasi Efisiensi Kebijakan

”Penilaian untuk periode ini memulai babak baru evaluasi yang lebih komprehensif. Evaluasi ini menguji Pemerintah Daerah, termasuk DIY terkait beberapa hal. Salah satunya soal komitmen peraturan perundang-undangan yang responsive gender pada Pemerintah Daerah,” ungkapnya.

 

BACA JUGA:2023, Disbud DIY Laksanakan 7 Event Kebudayaan dan 24 Sub Kegiatan dalam Program Penyelenggaraan Keistimewaan

Tri menambahkan, penilaian lainnya terkait penajaman kebijakan, program dan kegiatan yang responsif gender guna mendukung upaya untuk memperkecil kesenjangan gender. Ada pula penilaian terhadap dukungan pencapaian indikator-indikator outcome dan impact. Misalnya Indeks Pembangunan Gender, Indeks Pemberdayaan Gender, dan Indeks Ketimpangan Gender yang setiap tahunnya selalu di review di tingkat global.

BACA JUGA:Peringatan Hari Bela Negara, Kabinda DIY Berharap Jadi Momentum Persatuan Bangsa

 

”Pada catatan evaluasi bagi Pemda DIY tertulis, perencanaan penganggaran responsive gender yang perlu segera disempurnakan. Selain itu, Indeks Pembangunan Gender (IPG) DIY saat ini mencapai 79,19%. Angka ini jauh di atas angka nasional, yakni 72,91%. Sedangkan Indeks Pemberdayaan Gender DIY ada di angka 76,87%, sedikit di atas nasional yang mencapai 76,59%,” paparnya.

 

BACA JUGA:Petani Kentang di Paguyangan Bersiap Antisipasi Panen Raya

Tri menuturkan, penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya ini juga diterima Kabupaten/Kota di DIY. Dimana Kabupaten Sleman dan Kulon Progo menerima anugerah di Kategori Nindya. Sementara Kabupaten Bantul mendapat Kategori Madya dan Kabupaten Gunung Kidul dan Kota Yogyakarta menerima kategori Pratama.

BACA JUGA: Wamen ATR/BPN Serahkan Sertifikat Program PTSL, Simbolis untuk 3 Desa

 

Sebagai informasi, Parahita Ekapraya merupakan penganugerahan yang diberikan kepada kementerian/lembaga dan pemerintah daerah provinsi serta pemerintah daerah kabupaten/kota. Hal itu sebagai bentuk pengakuan atas komitmen dalam upaya mewujudkan kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan dalam berbagai bidang pembangunan. Pada 2023 ini, terdapat 12 kementerian/lembaga, 25 provinsi, dan 237 kabupaten/kota yang menerima penganugerahan ini. (*)

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: