Dampaknya Parah Banget! Inilah 4 Tips Menghindari Jeratan Hutang Pinjol untuk Mahasiswa

Dampaknya Parah Banget! Inilah 4 Tips Menghindari Jeratan Hutang Pinjol untuk Mahasiswa

4 tips menghindari jeratan hutang pinjol untuk mahasiswa--

Tips supaya tidak tejerat pinjol yang ketiga adalah meyakinkah bahwa para anak muda terutama mahasiswa harus ekstra hati-hati jika terlanjur memiliki hutang pinjol.

Akan lebih  baik jika memang sebelumnya sudah memiliki hutang, maka fokuslah terlebih dahulu untuk membayar hutang yang sudah ada tanpa mencari uang tambahan dari pinjol lainnya.

BACA JUGA: 5 Resiko yang Akan Kamu Dapat Jika Gunakan Pinjol Tanpa Jaminan, Harus Lebih Waspada!

Siklus gali lubang tutup lubang ini hanya akan membuat masalah finansialmu semakin rumit kedepannya.

Oleh karenanya, Kamu harus mengutamakan hutang-hutang dengan nominal besar diawal dan menghindari menambah beban dengan mengajukan pinjol baru.

4. Mengenali Bentuk Pinjaman

Tips keempat sekaligus terakhir yang bisa Kamu terapkan agar tidak tejerat pinjol adalah harus benar-benar memahami bentuk pinjaman yang akan diambil.

Meskipun pinjol atau pinjaman online dikatakan bisa memberi bantuan berupa uang, namun sayangnya masih banyak pinjol ilegal bertebaran.

BACA JUGA: Data-Datamu Bisa Disalahgunakan! Inilah 5 Resiko Berbagi Akun Pinjol yang Perlu Kamu Hindari

Pinjol ilegal inilah yang nantinya akan merugikan masyarakat lewat bunga tinggi serta sistem penagihan yang tidak sesuai dengan prosedur OJK. 

 

Itulah ulasan mengenai beberapa tips yang bisa Kamu para mahasiswa lakukan agar tidak terjerat hutang pinjol menumpuk, semoga bermanfaat. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: