Dampaknya Parah Banget! Inilah 4 Tips Menghindari Jeratan Hutang Pinjol untuk Mahasiswa

Dampaknya Parah Banget! Inilah 4 Tips Menghindari Jeratan Hutang Pinjol untuk Mahasiswa

4 tips menghindari jeratan hutang pinjol untuk mahasiswa--

Kamu tentu tidak ingin terjerat dalam hutang pinjol dan tidak bisa membayarnya karena akan menimbulkan dampak salah satunya penyitaan aset berharga.

Lantas, apa saja tips untuk menghindari jeratan hutang pinjol terkhusus untuk mereka para mahasiswa? Simak ulasannya dibawah ini:

1. Membedakan Kebutuhan dan Keinginan

Tips pertama yang bisa Kamu lakukan adalah mengidentifikasi perbedaan antara kebutuhan dan keinginan pribadi yang bersifat konsumtif.

Kebutuhan sendiri adalah sesuatu yang memang harus dibeli, tidak tergantikan, penting serta darurat seperti makanan, minuman, rumah hingga peralatan sekolah atau kerja.

BACA JUGA: Segera Amankan Datamu dari Para Hacker? Inilah 3 Cara Menghapus Data Diri Pinjol dengan Mudah

Sedangkan keinginan adalah sesuatu yang masih bisa dipikirkan untuk tidak dibeli, dapat digantikan serta tidak memiliki urgensi berlebih seperti pakaian terkenal maupun ponsel keluaran terbaru. 

Dengan mengetahui perbedaan keduanya, Kamu bisa lebih fokus dalam melihat kebutuhan yang lebih mendesak serta menghindari godaan untuk hal-hal yang tidak diperlukan.

2. Sisihkan Sejumlah Uang

Tips kedua yang bisa Kamu coba agar tidak tejerat dalam hutang pinjol adalah dengan menyisihkan sejumlah uang untuk kebutuhan lain.

Mengalokasikan sejumlah uang dari pendapatan yang Kamu miliki untuk nantinya ditabung atau diinvestasikan akan memberikanmu sebuah tujuan untuk mencapai sesuatu.

BACA JUGA: Ingin Pinjamanmu Segera Diproses? Inilah 3 Cara Agar Pengajuan Pinjolmu Bisa Disetujui 

Sedangkan jika Kamu menyisakan sejumlah uang untuk disisihkan guna memenuhi biaya kebutuhan hidup hanya akan membuat finansialmu terasa stagnan alias diam di tempat.

Dengan menyisihkan sejumlah uang, Kamu akan terlatih secara lebih disiplin dalam mengelola finansial serta mempunyai cadangan dana disaat mendapati kebutuhan mendesak.

3. Hindari Gali Lubang Tutup Lubang

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: