Yuk Simak! Berikut 8 Tips Melunasi Utang Pinjaman yang Bisa Segera Anda Coba

Yuk Simak! Berikut 8 Tips Melunasi Utang Pinjaman yang Bisa Segera Anda Coba

Yuk Simak! Berikut 8 Tips Melunasi Utang Pinjaman yang Bisa Segera Anda Coba --

DISWAY JOGJA - Fenomena pengambilan pinjaman online (pinjol) di Indonesia semakin berkembang. Bahkan ada yang bunuh diri karena utang pinjaman yang belum terselesaikan. 

Ada juga yang nekat melakukan penjarahan karena tidak tahu cara cepat mendapatkan uang banyak.  Salah satunya  perampokan yang menimpa bintang  Semarang  Michael Rendy Wiyono yang beberapa waktu lalu menjadi korban perampokan  tetangganya sendiri yang terlilit hutang.

Bagi Anda yang saat ini sedang menghadapi masalah utang pinjaman serupa, cobalah 8 tips di bawah ini untuk membantu Anda melunasi pinjaman Anda.

BACA JUGA:Pusing Ditagih DC Lapangan? Ini Dia 5 Tips Menghapuskan Hutang Pinjol Secara Efektif

Berikut 8 tips melunasi hutang pinjaman yang bisa Anda coba

2. Properti untuk dijual 

Tips ketiga adalah memikirkan aset apa saja yang bisa dijual untuk menutupi utang pinjaman. Meski memalukan,  dalam situasi berhutang, Anda tentu tidak punya pilihan selain memiliki aset  untuk menutupi pinjaman tersebut. 

1. Buatlah tanda Pinjol

Rekomendasi pertama yang  bisa Anda lakukan untuk melunasi hutang Pinjoli Anda adalah dengan mendaftarkan seluruh hutang di Pinjoli. Tuliskan semua kemungkinan hutang pinjaman dan tentukan mana yang sah dan mana yang tidak. 

BACA JUGA:Dari Hutang hingga Aturan Terbaru, Inilah 5 Fakta Mengerikan Seputar Layanan Pinjol

3. Jangan menggali lubang, tutup lubang

Tapi jika tidak lebih awal? Perlu dicatat bahwa Anda tidak boleh mencoba menggali lubang untuk menutup lubang tersebut jika Anda tidak memiliki dana untuk menutupi hutang pinjaman. Sebaliknya, fokuslah untuk menghasilkan uang dengan meningkatkan pendapatan, menciptakan lapangan kerja baru, atau menghemat pengeluaran sehari-hari. 

4. Prioritaskan pembayaran 

Setelah Anda  mendaftarkan semua hutang Anda di Pinjoli, langkah selanjutnya adalah menentukan prioritas pembayaran.  Artinya, Anda perlu memprioritaskan pinjaman mana yang Anda ambil terlebih dahulu.  Pinjaman atau pinjaman yang berbunga harus dilunasi terlebih dahulu, karena jika tidak dilunasi terlebih dahulu maka hutang akan bertambah.  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: