Jangan Sampai Keliru! Inilah 6 Perbedaan Paylater dan Kartu Kredit

Jangan Sampai Keliru! Inilah 6 Perbedaan Paylater dan Kartu Kredit

Perbedaan paylater dan kartu kredit yang orang awam harus pahami--

1. Kecepatan Melunasi Hutang

Di daftar pertama perbedaan antara paylater dan kartu kredit ini adalah pada kecepatan melunasi hutangnya.

Karena dalam hal ini sama halnya dengan membayar dan mencicil, maka yang lebih tahu kapan waktu pelunasannya adalah dari nasabah itu sendiri.

BACA JUGA: 5 Pinjol Ilegal Tanpa Verifikasi Wajah yang Perlu Dihindari, Nomor 3 Paling Banyak Dipakai

Cara pengembalian dana kartu kredit adalah harus melalui pendekatan yang terjalin secara lebih proaktif.

Namun meski begitu, kartu kredit memberikan fleksibilitas tinggi dalam memilih berapa jumlah dana yang akan dibayar setiap bulan dalam batas minimum tertentu.

2. Proses Pengajuan

Perbedaan kedua antara paylater dan kartu kredit adalah pada proses pengajuan yang dirasa lebih mudah dan bisa dilakukan dimana saja.

Yang terpenting dari proses pengajuan ini adalah akses internet yang stabil dan juga persiapan beberapa dokumen seperti Kartu Keluarga, KTP dan juga NPWP.

Sedangkan untuk pengajuan kartu kredit beberapa orang mengatakan lebih sulit. Karena calon nasabah harus mengurusnya ke kantor Bank dengan membawa NPWP, KTP, Slip Gaji hingga Kartu Keluarga.

3. Tenor Waktu Pinjaman

Perbedaan ketiga yaitu pada tenor waktu pinjaman yang kedua layanan ini berikan. Paylater dengan waktu 12 bulan sedangkan Kartu Kredit di angka 24 bulan.

Jika dilihat dari tenor waktu pinjamannya, kartu kredit akan terasa sedikit lebih unggul karena jangka waktunya terasa lebih lama.

BACA JUGA: 3 Cara Membedakan DC Pinjol Resmi dan Tidak Resmi, Nasabah Wajib Paham!

Sedangkan paylater memiliki tenor waktu yang lebih singkat, membuat para nasabah terkadang merasa kesulitan saat menggunakan layanan ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: