Perhatikan 6 Tanda Diabetes Disebabkan oleh Tingginya Kadar Gula

Perhatikan 6 Tanda Diabetes Disebabkan oleh Tingginya Kadar Gula

6 Tanda Diabetes--

DISWAY JOGJA - Diabetes merupakan penyakit yang disebabkan oleh tingginya kadar gula darah atau gula dalam tubuh. Diabetes disebabkan oleh rendahnya produksi insulin, yang mengontrol kadar gula darah.

Menurut Alo Dokter, gula tidak masuk ke dalam sel tubuh dengan baik, menumpuk di darah dan menyebabkan banyak penyakit pada organ tubuh. Jika diabetes tidak ditangani dengan baik, dapat menimbulkan banyak komplikasi. Diabetes menyerang semua kelompok: dewasa, remaja, pria dan wanita. 

Terlalu banyak mengonsumsi makanan dan minuman tinggi gula dan gula dapat meningkatkan risiko diabetes. Salah satu jenis diabetes yang banyak diderita orang adalah diabetes tipe 2, yang terjadi ketika tubuh tidak mampu memproduksi insulin yang mengatur kadar gula darah. Namun seringkali penderita diabetes mengabaikannya karena tidak mengetahui gejalanya. 

Ada banyak tanda yang harus diperhatikan yang menandakan Anda menderita diabetes, salah satunya adalah penurunan berat badan yang signifikan.

Berikut 6 tanda Anda mungkin menderita diabetes: 

1. Buang air kecil terlalu banyak 

Jika Anda sering buang air kecil, mungkin itu pertanda Anda menderita diabetes. Anda mungkin ingin memeriksakan diri ke dokter untuk mengetahuinya.

Ketika tubuh Anda kehilangan kemampuan untuk menggunakan glukosa darah, ginjal Anda mungkin merespons dengan mencoba membuang kelebihan glukosa melalui urin, sehingga menyebabkan Anda buang air kecil lebih banyak. Terbangun di tengah malam untuk buang air kecil merupakan hal yang biasa terjadi pada penderita diabetes tipe 2.

BACA JUGA:Jarang yang Tahu Rahasia Ini, 9 Manfaat Luar Biasa Kencur untuk Kesehatan

2. Penurunan berat badan 

Diabetes sering disebut-sebut sebagai salah satu penyebab utama obesitas, namun beberapa orang bisa saja mengalami masalah diabetes. Ketika tubuh tidak dapat menyerap glukosa, yang digunakan sebagai energi, tubuh mengambil protein dari otot dan mengubahnya menjadi energi sehingga menyebabkan penurunan berat badan. 

3. Penyakit kulit 

Timbulnya penyakit diabetes ditandai dengan adanya masalah yang terjadi pada kulit. Selain masalah kulit seperti  bercak merah dan gatal, ada kondisi lain yang disebut acanthosis nigricans, yaitu penggelapan kulit di leher dan ketiak. Jika Anda memiliki masalah kulit ini, periksalah kondisi fisik Anda dan lihat apakah Anda menderita diabetes.

BACA JUGA:Tidak Hanya Buahnya: Ini Dia 9 Manfaat Daun Tin untuk Kesehatan Tubuh

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: