5 Cara Diet dengan Turunkan Kadar Kreatinin demi Menjaga Kesehatan Organ Ginjal

5 Cara Diet dengan Turunkan Kadar Kreatinin demi Menjaga Kesehatan Organ Ginjal

Menjaga Kesehatan Organ Ginjal-Istockphoto: Phira Phonruewiangphing-

DISWAY JOGJA - Ginjal memainkan peran penting dalam fungsi tubuh manusia. Mulai dari mengatur keseimbangan cairan dan elektrolit hingga menyaring limbah dan sisa metabolisme.

Salah satu hal terpenting yang harus diperhatikan terkait kesehatan ginjal adalah kreatinin. Kreatinin merupakan senyawa yang berasal dari senyawa yang dihasilkan dari sisa metabolisme otot. 

Kreatinin digunakan oleh tubuh untuk menghasilkan energi dan kemudian dikeluarkan melalui urin. “Tingkat kreatinin di atas 1,4 menunjukkan penurunan fungsi ginjal sebesar 50%. Kadar kreatinin dapat menunjukkan fungsi ginjal yang baik, yang dapat ditentukan melalui pemeriksaan laboratorium,” kata Dr. Atul Ingale, ahli nefrologi dan ahli bedah transplantasi di India. Kadar kreatinin dalam tubuh Anda dapat dikontrol oleh sejumlah makanan yang Anda konsumsi.

Diet menurunkan kreatinin untuk kesehatan ginjal. Secara umum, ketika kadar kreatinin meningkat, kondisi ini mempengaruhi fungsi dan kinerja ginjal. “Secara khusus, asupan protein hewani mempengaruhi tingkat kreatinin.” Itu sebabnya pasien perlu berhati-hati dengan apa yang mereka makan. Ahli gizi India, Dr. Minal Shah menjelaskan. Berikut beberapa tips diet untuk mencegah tingginya kadar kreatinin dalam tubuh Anda: 

1. Kurangi protein 

Mengonsumsi makanan tinggi protein dapat merusak ginjal Anda. Oleh karena itu, pasien ginjal disarankan untuk lebih selektif dalam mengonsumsi protein, terutama pada protein lemak. Yang terbaik adalah mengonsumsi sumber protein tanpa lemak seperti ikan, ayam, dan protein nabati.

BACA JUGA:Wah, Buah Pir Ternyata Ampuh Meredakan Batuk! Begini Cara Mengonsumsinya

2. Hindari suplemen kreatin 

Kreatin diproduksi di hati dan diangkut ke otot, di mana ia dapat meningkatkan kekuatan dan mendukung pertumbuhan otot. Creatine ini diambil oleh para atlet untuk meningkatkan kinerja tubuh dan ototnya. Bagi penderita ginjal, disarankan untuk menghindari suplemen yang mengandung creatine karena dapat merusak fungsi ginjal. 

3. Minum banyak air 

Minum banyak air membantu tubuh Anda mengatur kadar kreatinin agar tetap stabil. Namun bagi pasien ginjal yang disarankan untuk membatasi asupan air, disarankan untuk mendapatkan pengobatan yang tepat sesuai anjuran dokter.

BACA JUGA:Batuk dan Pilek? Jangan Khawatir! Pakai Resep Buah Pir Kukus Ini, Dijamin Langsung Sembuh

4. Kurangi asupan garam 

Makanan tinggi garam dapat menyebabkan tekanan darah tinggi dan merusak ginjal. Hal ini juga dibuktikan oleh penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Nephrology. Para ahli menyarankan untuk menghindari garam berlebih di pada masakan, serta makanan tinggi garam yang mudah diabaikan, seperti makanan olahan, makanan kemasan, saus kemasan, serta makanan siap saji dan acar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: