Ops Mantap Brata Progo, Personel Diminta Jalin Sinergitas dengan Penyelenggara Pemilu

Ops Mantap Brata Progo, Personel Diminta Jalin Sinergitas dengan Penyelenggara Pemilu

Apel Operasi Mantap Brata Progo Tahap Kampanye 2023-2024 dilaksanakan di halaman tengah Mapolresta Yogyakarta, Selasa (28/11/2023).-DOK.-

DISWAYJOGJA - Apel Operasi Mantap Brata Progo Tahap Kampanye 2023-2024 dilaksanakan di halaman tengah Mapolresta Yogyakarta, Selasa (28/11/2023). Apel tersebut dipimpin Karendal OPS Kompol Mega Tetuko SIK MH.

BACA JUGA:8 Rekomendasi Setrika Terbaik 2023: Hasil Rapi, Mudah Digunakan, dan Ramah Dikantong

Apel itu melibatkan PJO Mantap Brata Progo Tahap Kampanye 2023-2024 Polresta Yogyakarta. Ada pula anggota Ops Mantap Brata Progo 2024 Polresta Yogyakarta. Mereka terdiri dari enam Satgas dengan total personel mencapai 861 orang.

BACA JUGA:Anggaran Pilkada Brebes Rp53,9 Miliar, Digelontor untuk Satu Putaran

Dalam arahannya, Kompol Mega Tetuko SIK MH menyampaikan tentang poin-poin kunci dan harus menjadi pedoman bagi seluruh personel yang terlibat dalam Operasi Mantap Brata Tahap Kampanye 2023-2024.

BACA JUGA:HUT Korpri ke-52 dan Dharma Wanita Persatuan ke-24, 76 Anak Sunat Masal di RSUD Brebes

Kompol Mega mengatakan, pemahaman yang mendalam tentang aturan dalam pesta demokrasi terkait tahap kampanye dianggap sebagai hal utama. Semua personel diharapkan memahami dasar hukum yang mengatur pengamanan kegiatan kampanye, termasuk jadwal, metode kampanye, dan tindakan yang digunakan.

BACA JUGA:5 Merk Kipas Angin Paling Banyak Dicari, Kualitasnya Bukan Kaleng-Kaleng

”Personel juga harus memahami batasan yang diindahkan sesuai dengan petunjuk yang telah disampaikan,” ungkapnya.

Kemudian, lanjut Kompol Mega, pentingnya menjalin sinergi dengan penyelenggara pemilu seperti KPU, Bawaslu, dan stakeholder terkait lainnya. Netralitas seluruh personel Polri dalam menjalankan tugas menjadi fokus utama.

BACA JUGA:Edukasi Bahaya Narkoba, BNN Kota Tegal Sasar Anak SDN Mintaragen 2

”Jalin sinergitas dengan penyelenggara pemilu, baik dengan KPU dan Bawaslu maupun stakeholder terkait, serta yang paling utama adalah menjaga netralitas seluruh personel Polri,” tegasnya.

Kompol Mega menjelaskan, dalam tahap kampanye terdapat enam satuan tugas dalam Ops Mantap Brata. Dua di antaranya adalah satuan tugas baru. Yaitu satuan tugas Kamseltibcar Lantas dan satuan tugas Gakkum.

”Sejak tanggal 28 November 2023, kegiatan kampanye telah dimulai. Satgas Preemtif, terutama subsatgas Intelejen, diminta untuk berkoordinasi secara aktif dengan KPU terkait jadwal kampanye dan lokasi kampanye di wilayah Kota Yogyakarta,” jelasnya.

Kompol Mega menegaskan pentingnya mematuhi perintah dan arahan yang telah diberikan. Seluruh personel diingatkan tentang keharusan untuk menjaga netralitas dalam menjalankan tugasnya, sesuai dengan etika dan kode etik yang berlaku.

”Dengan langkah-langkah persiapan yang cermat dan sinergi yang terjalin erat, diharapkan tahapan kampanye ini dapat berjalan lancar. Selain itu, personel dapat memberikan kontribusi positif bagi proses demokrasi di wilayah Kota Yogyakarta,” ungkapnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: