Kuwatir AC Cepat Rusak? Inilah Cara Penggunaan AC yang Benar

Kuwatir AC Cepat Rusak? Inilah Cara Penggunaan AC yang Benar

Kuwatir AC Cepat Rusak? Inilah Cara Penggunaan AC yang Benar--

DISWAY JOGJA- AC merupakan sebuah perangkat elektronik yang biasa digunakan untuk mendinginkan ruangan. AC menjamin iklim yang menyenangkan dan sejuk, terutama di musim panas. Namun penggunaan daya AC yang tidak tepat dapat membuang-buang energi dan merusak pasokan listrik.

BACA JUGA:Tak Perlu Merogoh Kantong Dalam-Dalam! Inilah Rekomendasi AC murah Tahun 2023

Berikut adalah beberapa tips penggunaan AC yang benar untuk menghemat energi dan memperpanjang umur AC:

1. Atur suhu yang tepat

Suhu AC yang ideal adalah antara 24 hingga 26 derajat Celcius. Suhu yang terlalu rendah dapat menyebabkan boros energi dan tidak nyaman, sedangkan suhu yang terlalu tinggi dapat membuat ruangan terasa lembab dan tidak segar.

Menurut studi yang dilakukan Lawrence Berkeley National Laboratory, setiap penurunan suhu AC sebesar 1 derajat Celcius dapat meningkatkan konsumsi energi sebesar 6%. Oleh karena itu, penting untuk mengatur suhu AC dengan benar untuk menghemat energi.

2. Tutuplah pintu dan jendela

Agar AC dapat bekerja secara efisien, pintu dan jendela ruangan harus ditutup. Artinya, udara dingin yang dihasilkan AC tidak bisa keluar sehingga ruangan cepat dingin dan tetap segar.

Saat Anda membuka pintu dan jendela, udara dingin yang dihasilkan AC keluar dan ruangan menjadi lebih hangat. Hal ini menyebabkan AC bekerja lebih keras dan membuang energi.

3. Bersihkan filter AC secara rutin

Filter AC menyaring debu dan kotoran dari udara. Ketika filter AC kotor, AC Anda bekerja lebih keras dan membuang energi.Oleh karena itu, penting untuk membersihkan filter AC secara rutin, minimal sebulan sekali.

Membersihkan filter AC sangatlah mudah. Anda dapat menghilangkan debu dan kotoran yang menempel pada filter AC dengan penyedot debu. Jika filter AC sudah terlalu kotor, bisa diganti dengan yang baru.

BACA JUGA:AC Dinding atau Standing, Mana yang Lebih Baik? Yuk Cari Tau

4.Matikan AC bila tidak digunakan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: