Gudang BUMDes di Brebes Ludes Terbakar, Kerugian Ditaksir Rp50 Juta

Gudang BUMDes di Brebes Ludes Terbakar, Kerugian Ditaksir Rp50 Juta

PEMADAMAN - Petugas dibantu warga melakukan pemadaman api yang membakar gudang Bumdes milik Desa Jagapura Kersana. -SYAMSUL FALAQ/ RATEG -

KERSANA, DISWAYJOGJA - Diduga akibat pembakaran sampah, gudang milik Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Jagapura, Kecamatan Kersana ludes terbakar. Insiden tersebut terjadi Selasa (7/11/2023), sekitar pukul 07.30 WIB.

BACA JUGA:KM Agung Jaya l Kebakaran, Pemilik Kapal Diperiksa KSOP Kelas IV Tegal

Bahkan, bangunan gudang yang didominasi pagar kayu dan barang mudah terbakar. Beruntung tak ada korban jiwa dalam insiden amukan si jago merah tersebut. Namun, kerugian materiil ditaksir mencapai Rp50 juta.

BACA JUGA:Diduga Lalai saat Perbaikan, Kapal Agung Jaya di Kolam Pelindo Kota Tegal Kebakaran

Plt Kasi Damkar Satpol PP, Linmas dan Damkar Kabupaten Brebes Sugiarto saat dikonfirmasi membenarkan terjadinya insiden kebakaran gudang milik BUMDes Jagapura tersebut. Menurut dia, kebakaran berawal dari informasi saksi mata yang merupakan karyawan toko di depan gudang BUMDes. Setelah melihat kepulan asap tebal, ternyata bersumber dari gudang, kemudian segera lapor ke kecamatan.

BACA JUGA:Tempat Karaoke Musro di Hotel Bahari Inn Kota Tegal Kebakaran, Diduga Exhaust Korsleting

”Setelah lapor kecamatan, langsung diteruskan ke Damkar dan Polsek juga Koramil Kersana. Beruntung, pemadaman awal juga dibantu dari hydran internal PT Yeong Hung Megasari Kersana,” ungkap Sugiarto, Selasa (7/11/2023) siang.

BACA JUGA:Kebakaran di Hutan Gunung Slamet Akhirnya Padam

Tak berselang lama, lanjut Sugiarto, tim damkar dibantu personel Koramil dan Polsek Kersana melakukan pemadaman. Tepatnya, membutuhkan waktu sekitar satu jam untuk pemusnahan titik api. Kemudian, dilanjutkan pendinginan sekitar satu jam untuk memastikan sudah tidak ada sumber api. Hasilnya, kebakaran yang menghanguskan gudang selesai dipadamkan dalam waktu dua jam.

”Dalam pemadaman, mobil damkar dibantu dua mobil Tanki BPBD dan damkar PT Tah Sung Hung. Sehingga, semua titik api berhasil dipadamkan,” ujarnya.

Sementara itu, Kapolres Brebes AKBP Guntur M. Tariq, melalui Kapolsek Kersana Iptu Teguh Adi Winarko meamabhakn, insiden kebakaran yang menghanguskan gudang BUMDes Jagapura terjadi lantaran gudang berisi limbah mudah terbakar. Dia menjelaskan, Gudang tersebut setahun tidak terpakai, tapi di dalam gudang terdapat limbah pabrik berupa alas kaki dan kain. Meski tak ada korban jiwa, pihaknya mengaku masih akan menelusuri penyebab pasti pemicu kebakaran.

”Untuk luas lahan yang terbakar sekitar 25x80 meter persegi. Kerugian materiilnya berkisar Rp50 juta dan penyebab pasti kebakaran masih dalam penyelidikan,” tandasnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: