7 Cara Agar AC Tetap Awet dan Tidak Rusak

7 Cara Agar AC Tetap Awet dan Tidak Rusak

AC Tetap Awet dan Tidak Cepat Rusak--

Fungsi AC sepanjang hari dapat dipengaruhi secara signifikan oleh lokasi penempatan termostat. Sebagai contoh, termostat yang terletak di dinding yang mendapat paparan panas dari jendela akan sering menyala.

Apabila Anda menempatkan termostat Anda di ruangan yang lebih dingin, hal tersebut akan memastikan agar AC Anda hanya beroperasi pada kebutuhan yang diperlukan.

BACA JUGA:AC Dinding atau Standing, Mana yang Lebih Baik? Yuk Cari Tau

4. Batasi Penggunaan Alat-Alat yang Menghasilkan Panas

Membatasi penggunaan alat-alat yang menghasilkan panas lebih disarankan. Saat dipergunakan, alat-alat dapur dan cuci menghasilkan hawa panas. Kondisi ini akan mendorong AC untuk bekerja dengan lebih keras. Ada baiknya merencanakan jadwal penggunaan mesin pengering hingga oven pada pagi atau sore hari daripada siang hari.

5. Sesuaikan Suhu pada Malam Hari

Malam hari, kita perlu menyesuaikan suhu dengan lingkungan sekitar. 

Anda mungkin mengalami kesulitan tidur pada malam hari dikarenakan udara yang panas, sehingga suhu dari AC pun diturunkan. Agar AC tidak menyala sepanjang malam, sebaiknya mengatur termostat untuk menyesuaikan suhu setelah anggota keluarga tidur. 

Munin menyarankan untuk mendinginkan kamar tidur sebelum tidur di malam hari, dan kemudian mengatur termostat pada 2-4 derajat lebih tinggi sementara sedang tidur.

6. Rapatkan Jendela

Mencegah hawa panas masuk ke dalam rumah dapat dilakukan dengan cara merapatkan jendela. Di samping itu, juga menghalangi udara dingin dari AC keluar dari ruang atau rumah. Mari kita pasang penghalang cahaya untuk melindungi diri dari sinar matahari yang terik. 

Salah satu cara untuk mengurangi panas yang masuk ke dalam rumah adalah dengan menyematkan penghalang cahaya, seperti tirai. Selain itu, Anda juga dapat memasang kaca film sebagai langkah untuk meminimalisir paparan sinar matahari serta melindungi dari sinar UV. 

Selain itu, manfaat dari menanam pohon di sekitar rumah adalah menciptakan udara yang lebih segar dan mengurangi pemakaian AC di dalam rumah.

BACA JUGA:14 Merk AC Paling Bagus dan Low Watt di Tahun 2023, Cocok Untuk Kebutuhan Rumah Anda!

7. Pastikan AC dalam Keadaan Baik

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: