9 Tips Sebelum Membeli Smart TV, Perhatikan dalam Memilih!

9 Tips Sebelum Membeli Smart TV, Perhatikan dalam Memilih!

9 Tips dalam memilih Smart TV--

Saat ini, terdapat tiga jenis layar utama yang ada pada smart TV, yaitu OLED, QLED, dan LED. Ada tiga jenis tampilan yang berperan penting dalam menciptakan kualitas tampilan secara keseluruhan. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk mengetahui perbedaan di antara ketiganya. 

4. Refresh Rate

Refresh rate adalah jumlah kali tampilan konten diperbaharui setiap detik. Ini didefinisikan dalam satuan Hz. Kecepatan refresh standar untuk tampilan TV adalah 60Hz.

Ini berarti bahwa gambar akan diperbarui sebanyak 60 kali per detik. Refresh rate yang lebih tinggi seperti 90Hz, 120Hz, 144Hz, atau di atasnya memberikan pengalaman gerakan yang lebih lancar.

Biasanya, pada panel standar, Anda tidak akan melihat keburaman pada objek yang bergerak cepat.

Jika Anda berencana untuk bermain game atau menggunakan TV sebagai monitor untuk komputer Anda, meskipun bukan fitur yang wajib dimiliki, ini tetap penting. 

5. Resolusi Layar

Resolusi layar adalah hal yang berbeda dengan ukuran layar. Resolusi menentukan jumlah piksel pada layar yang menggambarkan tingkat kejernihan layar.

Dalam dunia fotografi dan pengambilan gambar, resolusi yang lebih tinggi memiliki arti yang penting. Resolusi yang tinggi menandakan banyaknya piksel yang digunakan dalam merekam gambar, yang pada akhirnya menghasilkan gambar dengan kualitas yang lebih tajam dan jelas.

Sekarang ini, sebaiknya tidak membeli smart TV yang mendukung HD. Sebaliknya, jika Anda memiliki anggaran yang memungkinkan, pilihlah setidaknya panel Full-HD atau 4K.

Penulis menjelaskan bahwa Panel Ultra-HD (4K) memiliki jumlah piksel yang empat kali lebih banyak dibandingkan dengan Full-HD. Sebagai hasilnya, objek yang muncul di layar akan terlihat lebih kaya dan terperinci. 

6. Fitur dan Aplikasi

Pada Smart TV mampu menjalankan berbagai aplikasi serta menyediakan beberapa fungsi pintar. Namun, ada kemungkinan bahwa fitur-fitur Android seperti akses ke Google Play, Asisten, kontrol suara, dan lain sebagainya tidak didukung oleh Smart TV tersebut. Anda bisa mendapatkan fitur-fitur tersebut dengan versi yang tertinggi dan terbaru dari.

BACA JUGA:Inilah 8 Rekomendasi Android TV Terbaik 2023 Untuk kenyamanan Menonton bersama Keluarga

7. Kualitas Audio

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: