Fantastis! Pada 2024, Perjalanan Semarang-Yogyakarta Bisa Ditempuh 1,5 Jam

Fantastis! Pada 2024, Perjalanan Semarang-Yogyakarta Bisa Ditempuh 1,5 Jam

Saat ini Kementrian PUPR terus melanjutkan pembangunan jalan tol Yogyakarta-Bawen yang ditargetkan rampung pada tahun 2024 mendatang.-DOK.-

DISWAYJOGJA – Perjalanan Semarang menuju Yogyakarta nanti akan ditempuh lebih cepat. Dimana jika melalui jalan utama perlu memakan waktu hingga 3,5, tapi pada 2024 nanti, perjalanan Semarang-Yogyakarta dengan melewati jalan tol hanya ditempuh dengan waktu 1,5 jam.

BACA JUGA:5 Jalan Tol Unik Di Indonesia, Salah Satunya Terpanjang Se Asia loh!

Direktur Utama PT Jasamarga Jogja Bawen (JJB) A.J Dwi Winarsa mejelaskan, perjalanan dari Semarang ke Yogyakarta dengan melewati jalan utama perlu memakan waktu hingga 3,5. Namun, dengan hadirnya jalan tol  membuat perjalanan Semarang- Yogyakarta hanya ditempuh selama 1,5 jam saja.

”Jarak tempuh yang hanya 1,5 jam itu membuat perjalanan dari Semarang ke Yogyakarta jelas tidak akan membosankan,” ungkap Dwi Winarsa.

BACA JUGA:Lokasi Citra Mandiri Jawa Tengah Diduga Dimanfaatkan untuk Mesum

Dwi menjelaskan, Jalan Tol Yogyakarta-Bawen sepanjang 76 km ini merupakan salah satu bagian dari Proyek Strategi Nasional (PSN). Dibangunnya Jalan Tol Yogyakarta-Bawen bertujuan untuk meningkatkan konektivitas dari Daerah Istimewa Yogyakarta dan Jawa Tengah. Jalan tol yang rencananya akan digunakan pada 2024 ini, digadang-gadang mampu mendukung akses konektivitas di wilayah segitiga emas yaitu Yogyakarta, Solo, dan Semarang.

”Jalan tol ini mempermudah masyarakat Semarang yang hendak berlibur ke Yogyakarta maupun sebaliknya,” ungkap Dwi.

BACA JUGA:4 Jembatan Kaca The Geong di Guci Tutup Sementara, Izin Bagunan Ternyata Belum Lengkap

Dwi mengungkapkan, investasi untuk pembangunan Jalan Tol Yogyakarta-Bawen ini sangatlah fantastis. Yakni mencapai Rp14,26 triliun. Dimana pembangunan Jalan Tol Yogyakarta-Bawen terdiri dari enam seksi. Di antaranya, seksi 1 Sleman-Banyurejo (8,25 km). Seksi 2 Banyurejo-Borobudur (15,26 km). Seksi 3 Borobudur-Magelang (8,08 km). Seksi 4 Magelang-Temanggung (16,26 km). Seksi 5 Temanggung-Ambarawa (22,56 km). Seksi 6 Ambarawa-Junction Bawenterkoneksi Tol Semarang-Solo (5,21 km).

Dwi menambahka, saat ini Kementrian PUPR terus melanjutkan pembangunan jalan tol Yogyakarta-Bawen yang ditargetkan rampung pada tahun 2024 mendatang. Melansir dari laman pu.go.id, jalan tol ini akan melintasi Provinsi Jawa Tengah sepanjang 68,17 kilometer dan DIY membentang 7,65 kilometer. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: