7 Tips and Trik Merwat Kulkas 2 Pintu! Agar Awet dan Tidak Mudah Rusak! Kamu Harus Tau!

7 Tips and Trik Merwat Kulkas 2 Pintu! Agar Awet dan Tidak Mudah Rusak! Kamu Harus Tau!

Tips and Trik Merwat Kulkas 2 Pintu! Agar Awet dan Tidak Mudah Rusak!--

DISWAY JOGJA - Di antara jenis-jenis lemari es yang ada, lemari es 2 pintu selalu banyak peminatnya. Apakah Anda salah satu pemilik kulkas 2 pintu?

Pastikan Anda mengetahui cara merawat kulkas yang benar agar dapat bertahan lama. Salah satu kelebihan kulkas 2 pintu adalah ukurannya. Ukuran lemari es 2 pintu lebih besar dibandingkan kulkas 1 pintu sehingga kapasitas kulkas dan freezer juga lebih besar. Kulkas jenis ini sangat cocok bagi Anda yang  perlu mengawetkan makanan dan minuman dalam jumlah besar setiap harinya.

Kulkasnya dingin tapi tidak merata. Mungkin hal ini terjadi akibat aliran refrigeran yang tidak merata. Beberapa kemungkinan penyebabnya adalah sistem pendingin yang tersumbat, masalah kompresor, kekurangan oli, evaporator kotor, dll.

Masalah di kulkas 2 pintu. Selama pemakaian, Kulkas terkadang dapat mengalami masalah. Di sinilah pentingnya memahami cara merawat lemari es Anda agar tahan lama. Pada kulkas 2 pintu, permasalahan yang mungkin timbul adalah sebagai berikut.

BACA JUGA:Lagi Nyari Kulkas 2 pintu terbaik? Ini 5 Rekomendasi Yang Cocok Buat Kamu! Simak Ulasanya Dibawah Ini

Kulkas Anda tidak dingin? Kemungkinan penyebabnya antara lain refrigeran bocor, kompresor rusak, aliran listrik tidak masuk ke kompresor, kulkas tidak tertutup rapat, dll.

Anda mati total? Hal ini terjadi bila semua bagian kulkas mati secara bersamaan. Biasanya penyebabnya karena adanya masalah pada kabel atau sekring sehingga  listrik tidak dapat menjangkau komponen-komponen Kulkas  yang ada di dalam lemari es.

Freezernya dingin tapi kurang maksimal?

Hal ini juga biasanya ditunjukkan dengan es di dalam freezer yang mencair dan tidak  membeku kembali. Beberapa faktor yang dapat menyebabkan hal ini adalah terlalu banyaknya beban yang disimpan di dalam freezer, evaporator yang kotor, pengatur suhu yang rusak, beban berlebih yang rusak, dll.

BACA JUGA:10 Rekomendasi AC Murah Hemat Listrik Terbaru, Harga 2-3 Jutaan, Yuk Cek Spesifikasinya!

Ini Lah 7 Cara Merawat Kulkas 2 Pintu

Untuk Penggunaan Jangka Panjang Jika Anda sudah menemukan kulkas yang cocok, pasti Anda  ingin kulkas tersebut tahan lama. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk memahami dengan jelas cara merawat kulkas 2 pintu. Sekarang, simak tipsnya di bawah ini!

Menutup Kulkas Dengan Benar

Mungkin terdengar sepele, tapi sebenarnya ini adalah salah satu kunci menjaga kulkas Anda agar awet. Jika pintu lemari es tidak tertutup rapat, debu bisa masuk dan suhu di dalam lemari es bisa meningkat. Ini tips and trik pertama merawat kulkas 2 pintu Anda agar tidak cepat rusak.

BACA JUGA:Ini Lah 3 Rekomendasi Kulkas 2 Pintu yang Berkualitas! Bisa Menyimpan Makananmu Agar Tidak Cepat Basi!

Jaga Barang-barang Tetap Utuh Di Lemari Es

Meski kapasitas kulkas 2 pintu cukup besar, bukan berarti Anda bisa mengisinya hingga kelebihan beban. Isi lemari es hingga kapasitas yang sesuai.

Perhatikan Jarak Antara Lemari Es dengan Benda Lain

Pastikan lemari es Anda tidak berada di dekat benda elektronik lain seperti contohnya dispenser atau kompor. Sisakan sdikit ruang ruang antara lemari es dengan benda-benda di sekitarnya. Agar Kulkas Anada menjadi Awet dan tahan lama dinginnya. Dan juga cara ini membuat ruangan Anda sedikit lega tidak berdesakan.

Bersihkan Dengan Air Hangat

Cara selanjutnya untuk mengawetkan kulkas agar tahan lama dan awet adalah dengan membersihkannya dengan air hangat dan kain lembut. Dengan menggunakan kain lap yang  dibasahi air hangat dan usap bagian dalam kulkas hingga bersih.

Perhatikan Terlebih Dahulu Penampungan Freezer

Di bagian bawah freezer, lebih tepatnya di kompartemen freezer, sering muncul embun beku.

Kalau tidak ada tindakan, jumlahnya akan bertambah. Sebagai bagian dari perawatan kulkas Anda, bersihkan frosting secara rutin agar freezer dapat terus beroperasi secara optimal. Cara ini memang sangat efektif dan mudah untuk dilakukan untuk merawat lemari es 2 pintu Anda.

Jangan menggunakan lemari es saat listrik padam

Jika listrik padam di rumah, jangan membuka atau menutup lemari es. Sebaiknya lemari es tetap tertutup untuk menjaga suhu dingin di dalamnya. Dan juga ketika Listrik dirumah Anda padam, harus cepat mematikan kabel kulkas Anda yang terhubung pada listrik. Buat apa kita yerus mencolokan kabel kulkas ketika tidak anda listrik itu hanya membuat lemari es Anda menjadi rusak.

Nah itu saja yang bisa saya sampaikan mengenai 7 cara merawat kulkas 2 pintu yang baik dan benar, semoga apa yang saya bisa sampaikan diatas sangat bermanfaat untuk Anda coba Terimakasih.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: