Jangan Lakukan 8 Kebiasaan ini, Jika Tak Ingin Mesin Cuci mu Cepat Rusak!

Jangan Lakukan 8 Kebiasaan ini, Jika Tak Ingin Mesin Cuci mu Cepat Rusak!

Penyebab Mesin Cuci Cepat Rusak--

DISWAY JOGJA - Mesin cuci menjadi salah satu perangkat elektronik penting dalam rumah tangga. Alat ini hampir setiap hari dijalankan, mengingat kita perlu mencuci pakaian setiap hari untuk mencegah penyebaran bakteri dan kuman sehingga bisa digunakan kembali.

Umumnya, mesin cuci sekaligus pengering memiliki masa pakai kurang lebih sekitar 10 tahun. Namun ingat, bila pengguna melakukan kebiasaan dan pemeliharaan yang salah, mesin cuci akan cepat rusak dan berumur pendek. 

Melansir beberapa sumber berikut, 8 kesalahan yang menyebabkan mesin cuci cepat rusak, simak hingga selesai!

1. Memasukkan Terlalu Banyak Pakaian

Kebanyakan orang memilih untuk memasukkan seluruh pakaian kotor untuk waktu mencuci yang lebih singkat, kamu siapa sangka kebiasaan ini akan membuat mesin cuci lebih cepat loh.

Ya, mesin cuci maupun pengering tidak dapat bekerja secara optimal saat kapasitas terlalu penuh. Keadaan seperti ini, membuat keduanya harus bekerja lebih keras dari pada yang seharusnya. Akibatnya, beberapa mesin pada perangkat mengalami cepat aus dan rusak dalam waktu yang pendek. Tak hanya itu, memasukkan terlalu banyak pakaian ke dalam mesin cuci, dapat membuat sisa deterjen tertinggal. 

BACA JUGA:Mending Mesin Cuci Top Load atau Front Load? Ini Spesifikasi dan Perbedaannya!

2. Menggunakan terlalu banyak deterjen Tahukah kamu? Menggunakan deterjen lebih banyak dari pada takaran yang direkomendasikan tidak baik untuk kesehatan perangkat cucimu loh. Menuangkan terlalu banyak deterjen akan menghasilkan lebih banyak busa, yang dapat menyebabkan mesin cuci meluap saat dioperasikan.

Karenanya, pastikan untuk menggunakan detergen secara hemat sesuai takaran yang dianjurkan. Sesuaikan dengan kapasitas pakaian yang kamu cuci ya.

3. Memasukkan barang yang seharusnya tidak dicuci di mesin cuci

Meskipun dinamakan mesin cuci, ada beberapa bahan yang tidak bisa kamu cuci di perangkat ini. Pengguna dianjurkan untuk mencuci barang-barang tertentu tidak hanya untuk kebaikan barang tersebut, tetapi agar mesin cuci tetap terjaga dengan baik.

Seperti pengait dan kawat bra yang dapat merusak tabung mesin cuci, sementara ritsleting dapat menggores pintu mesin cuci bukaan depan. Cukup berbahaya bukan?

BACA JUGA:7 Rekomendasi Kulkas Mini Murah Hemat Listrik, Idaman Anak Kos Banget!

4. Mengoperasikan mesin cuci lebih sering dari seharusnya

Perlu diketahui, kehidupan mesin cuci sangat bergantung pada seberapa sering mesin itu dioperasikan. Pengguna disarankan untuk untuk tetap konsisten menjaoany delapan kali pencucian selama seminggu atau kurang. Ini akan menghasilkan rata-rata masa pakai dua digit, terlepas dari jenis mesin cucinya, baik mesin cuci bukaan atas atau mesin cuci bukaan depan. 

5. Tidak membersihkan dispenser deterjen

Bila kamu telah selesai mencuci pakaian, jangan lupa untuk menyeka dispenser deterjen dengan kain pelembut. Jika tidak, sisa deterjen dapat menumpuk dan menyebabkan penyumbatan.

Pengguna juga harus mencuci mesin cuci rutin setiap bulan terlebih bila itu tertera pada buku panduan perangkat.

BACA JUGA:Sering dikira Sama, Ini 10 Perbedaan AC dan Air Cooler yang Jarang diketahui

6. Tidak segera mengeluarkan pakaian dari mesin cuci

Tak banyak orang tahu, jamur menjadi permasalahan yang cukup serius dialami mesin cuci. Keberadaan jamur dapat menyebabkan mesin cuci bau, yang secara otomatis memperpendek masa pakainya.

Untuk menghindarinya, segera keluarkan pakaian bersih dari mesin cuci. Akan menjadi lebih baik, bila kamu memberi sedikit waktu untuk membiarkan pintu mesin cuci terbuka dan memastikan seluruh elemen mengering sebelum ditutup kembali.

7. Meninggalkan benda di saku pakaian

Tisu, permen karet, koin maupun uang kertas dapat menyumbat saluran pembuangan mesin cuci. Membiarkan suatu barang pada saku pakaian saat pengeringan, tidak baik untuk kerja bagian dalam pengering.

Oleh karena itu, pastikan untuk mengosongkan saku sebelum menaruh pakaian ke tempat cuci. Ini bertujuan agar mesin cuci bekerja dengan lancar, efisien, dan awet selama bertahun-tahun. 

8. Mengeringkan bahan yang tidak boleh dikeringkan

Tahukah kamu? beberapa pengering tidak direkomendasikan untuk mengeringkan bahan-bahan tertentu seperti karpet. Ini karena karpet pada umumnya memiliki tekstur yang tidak direkomendasikan dikeringkan pada pengering. Kecuali jika itu ada petunjuk pada buku panduan yang membolehkannya.

BACA JUGA:4 Kompor Gas 2 Tungku Terbaik, Murah dan Berkualitas, Bikin Masak Makin Semangat!

Demikian, 8 kesalahan yang membuat mesin cuci cepat rusak. Jangan lupa untuk menggunakan perangkat elektronik maupun alat rumah tangga dengan semestinya. Ini tidak lain agar barang-barang tersebut dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama. Semoga bermanfaat.(*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: