Agar Tampil Cantik, 25 Pelaku UMKM Digembleng Pengemasan Produk

Agar Tampil Cantik, 25 Pelaku UMKM Digembleng Pengemasan Produk

PELATIHAN – Sebanyak 25 pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Kabupaten Brebes mendapat pelatihan pengemasan produk di Dedy Jaya Hotel Brebes, Senin (23/10/2023). -SYAMSUL FALAQ/ RATEG -

BREBES, DISWAYJOGJA - Sebanyak 25 pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Kabupaten Brebes mendapat pelatihan pengemasan produk. Hal itu, terungkap saat Dinas Koperasi Usaha Mikro dan Perdagangan menggelar pendampingan pelatihan di Dedy Jaya Hotel Brebes, Senin (23/10/2023).

BACA JUGA:Dukung UMKM, Inkubator Bisnis Purworejo Mulyo Diluncurkan

Semua peserta, merupakan perwakilan pelaku UMKM di wilayah Brebes Utara. Tujuannya, agar tampilan cantik melalui kemasan produk bisa lebih mengoptimalkan pemasaran UMKM.

Kepala Dinkopumdag Brebes, melalui Kabid Usaha Mikro Lusiana Indira Isni menjelaskan, pelatihan pengemasan produk UMKM menjadi upaya pendampingan Pemkab Brebes bagi pelaku UMKM. Sumbernya, berasal dari Dana Alokasi Khusus Non Fisik Dinkopumdag. Menurutnya, pengemasan produk UMKM menjadi salah satu faktor penentu daya tarik pembeli.

BACA JUGA:KUR BRI 2023 Sangat Cocok Bagi UMKM yang Ingin Berkembang

”Tampilan kemasan produk UMKM, tentu menjadi pertimbangan bagi konsumen untuk membeli. Sehingga, agar menambah wawasan dan trik pemasaran pelaku UMKM dibekali cara pengemasan yang menarik," ungkap Lusiana.

Tampilan kemasan yang menarik, lanjut Lusi, tentu konsumen akan lebih mudah mengingatnya. Termasuk, meyakinkan kualitas kepada masyarakat sebagai konsumen bahwa produk UMKM juga mampu bersaing. Terlebih, mindset masyarakat selalu melihat produk dari tampilan luarnya sehingga butuh pengemasan yang menarik.

BACA JUGA:Jualan di Even Jalan Sehat Bareng Mbak Mitha, Ratusan UMKM Ngaku Omsetnya Meningkat Drastis

"Pelaku UMKM, juga diajak untuk meningkatkan potensi pasar. Tidak hanya dari kualitas produk, tapi juga tampilan kemasan yang menarik sehingga konsumen tertarik membeli," terang Lusiana.

Lusiana Indira Isni menuturkan, selain menambah pengetahuan dan wawasan tentang pentingnya teknis pengemasan produk. Harapannya, pelaku UMKM terutama produk khas Brebes mampu meningkatkan kualitas produknya. Sehingga, bisa bersaing dengan produk lainnya melalui tampilan kemasan yang bagus dan menarik. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: