Jangan Sampai Keliru! Begini Cara Membersihkan AC Portable Dengan Benar

Jangan Sampai Keliru! Begini Cara Membersihkan AC Portable Dengan Benar

Cara Membersihkan AC Portable Dengan Benar--

DISWAY JOGJA- Saat Anda memiliki AC portable di rumah, pastikan untuk membersihkannya dengan cara yang benar agar tidak terjadi kerusakan.

Tidak hanya AC biasa, AC portable juga memerlukan perawatan yang khusus. Jadi jangan sembarangan membersihkan jika Anda belum mengetahui caranya dengan baik.

Tujuan dari pembersihan AC portable ini tentunya untuk membuat AC selalu terawat agar tetap awet dan dingin. Sehingga tidak cepat mengalami kerusakan.

Artikel ini akan membahas mengenai cara membersihkan AC portable dengan benar agar tidak keliru. Simak informasinya hingga akhir ya.

BACA JUGA:Rekomendasi Smart TV Terbaik Harga Rp 2 Jutaan, Dijamin Awet!

Alat pendingin ruangan jenis portable ini dapat dipindahkan ke ruang mana saja sesuai keinginan, sehingga memungkinkan untuk alat ini mengalami kelelahan layaknya manusia. Karenanya sangat diperlukan cara pembersihan yang tepat.

Berikut ini beberapa cara dalam membersihkan AC portable di rumah dengan benar:

1. Pembersihan Teratur Pra-Filter

Anda harus membiasakan dengan teratur mencuci pra-filter yang terletak di bagian belakang AC. Pembersihan ini tujuannya untuk mencegah debu dan kotoran yang menumpuk pada kumparan evaporator.

Jika dibiarkan begitu saja, maka akan menjadi kerak membandel. Tentu saja ini membahayakan, karena akan berpengaruh pada proses pemindahan panas dari ruangan ke luar menjadi terganggu, seingga membuat kompresor panas berlebih.

BACA JUGA:Hemat Uang Servis! Ini 5 Cara Merawat Smart TV Supaya Kinerjanya Tetap Maksimal

2. Durasi Waktu Pembersihan

Untuk memberikan kesejukan yang tahan lama pada AC portable, maka langkah yang harus dilakukan adalah melakukan pembersihan filter udara minimal satu bulan sekali, tergantung dengan penggunaan.

Adanya kotoran yang tersumbat pada filter akan menhgambat aliran udara dan dapat menyebabkan kerusakan mesin. Selain itu, apabila filter dipaksa bekerja lebih keras terus menerus, akan menjadikan listrik boros. Setidaknya, Anda dapat melakukan pembersihan dua kali dalam setahun agar tetap terjaga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: