Pertanda Sudah Waktunya untuk Service AC, Cukup Lakukan 3 Hal Ini..Pertama Rasakan..Dua Lihat..Tiga Pastikan..

Pertanda Sudah Waktunya untuk Service AC, Cukup Lakukan 3 Hal Ini..Pertama Rasakan..Dua Lihat..Tiga Pastikan..

Pertanda jika sudah waktunya perlu service ac--

2. Sudah berdebu

Pada ciri-ciri yang kedua ialah coba lihat pada unit ac baik indoor maupun outdoor, apakah sudah berdebua atau belum. 

Keberadaan debu pada unit indoor maupun outdoor mempengaruhi kinerja ac. Pada unit indoor dapat dilihat dengan membuka bagian filter udara. 

Sedangkan pada unit outdoor tak perlu untuk membuka, cukup lihat kisi-kisi pada kompresor apakah sudah banyak debu yang melekat atau belum. Debu yang melekat berawarna coklat kehitaman.

Jika pada kedua unit tersebut terdapat banyak debu, sebaiknya ambil langkah berikutnya yaitu melakukan service rutin. Service rutin dapat dilakukan dengan memanggil teknisi kerumah atau dilakukan secara mandiri melalui pencucian filter dan kisi-kisi kompresor.

BACA JUGA:Rekomendasi Smart TV Paling Hemat Listrik Tahun 2023, Lengkap Berserta Harganya!

Kebersihan ac menghindarkan bau-bau tak sedap keluar dari ac dan sarang bakteri yang disebabkan oleh debu yang menumpuk. 

Sebaiknya buat jadwal secara rutin, setidaknya dua kali dalam setahun untuk mencuci ac atau membersihkan debu yang menempel.

3. Tagihan listrik naik

Langkah terakhir adalah pastikan tagihan listrik. Maksudnya, jika terjadi kenaikan pada tagihan listrik padahal tidak ada perabotan elektronik baru di rumah dan pemakaian secara wajar dapat menjadi indikasi bahwa ac di rumah bekerja terlalu keras karena terjadi kerusakan.

Sehingga konsumsi listrik cenderung meningkat meskipun kinerjanya dalam mendinginkan ruangan tidak optimal.

BACA JUGA:AC Biasa atau AC Portable, Lebih Baik Mana? Simak Kelebihan serta Kekurangannya Disini

Misalnya, jika biasanya tagihan listrik berkisar antara 300 ribu tiba-tiba naik menjadi 350 sampai 400 ribu sebulan, bisa jadi itu dikarenakan ampere bagian unit outdoor ac naik.

Jadi keberadaan debu pada kisi-kisi unit outdoor mengganggu kinerja ac karena menghalangi saluran udara menuju atau dari kondensor. Akibatnya kondensor pada ac bekerja lebih keras daripada biasanya. Hal ini, menjadi penyebab naiknya amphere pada ac.

Berbeda ketika kondisi unit indoor dan outdoor bersih, kinerja ac lebih optimal berbanding lurus dengan kesejukan yang dihasilkan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: