Pertanda Sudah Waktunya untuk Service AC, Cukup Lakukan 3 Hal Ini..Pertama Rasakan..Dua Lihat..Tiga Pastikan..

Pertanda Sudah Waktunya untuk Service AC, Cukup Lakukan 3 Hal Ini..Pertama Rasakan..Dua Lihat..Tiga Pastikan..

Pertanda jika sudah waktunya perlu service ac--

DISWAY JOGJA - Kondisi ac yang masih dingin mungkin terlihat baik-baik saja. Padahal belum tentu loh.. Bisa jadi perlu untuk service ac secara rutin agar performanya tetap terjaga.

Daripada menunggu sampai ada komponen yang rusak lebih baik pahami tanda-tanda jika mesin pendingin di rumah sudah waktunya untuk service ac secara rutin.

Ac yang masih dalam kondisi bagus biasanya mampu menjaga kesejukan ruangan dengan mudah, tak perlu sampai suhu belasan derajat Celcius, ac sudah terasa dingin.

Namun berbeda jika ac mengalami penurunan performa, bisa jadi memang sudah waktunya untuk diservice secara berkala.

BACA JUGA:5 Rekomendasi TV Samsung LED Terbaik 2023 untuk Anda dan Keluarga, Simak Disini!

Berbeda dengan otomotif, Jika pada kendaraan terdapat odometer, penunjuk jarak tempuh pada kendaraan, yang dapat menjadi indikator untuk melakukan perawatan rutin.

Pada barang elektronik seperti ac tidak demikian, namun terdapat beberapa gejala yang dapat dikenali jika sudah tiba waktunya untuk dilakukan service rutin.

3 Tanda-tanda perlu dilakukan service ac secara rutin.

BACA JUGA:Dingin Merata ke Berbagai Sudut: Inilah Midea MPF2-09CRN1, Juaranya AC Portable murah berkualitas!

1. Tidak dingin

Ciri pertama jika ac sudah memerlukan service rutin ialah kita cukup rasakan apakah ac masih dingin atau sudah tidak sedingin biasanya. 

Misalnya memerlukan suhu yang lebih rendah dari biasanya, seperti indikator suhu berada pada angka 24-25 derajat Celcius biasanya sudah dingin. Namun kini harus lebih rendah seperti 21 hingga 22 derajat Celcius baru dingin.

Ac yang tidak dingin disebabkan oleh beberapa faktor, seperti bagian unit indoor sudah kotor sehingga cenderung berjalan lebih kencang dari biasanya. Hal ini juga menyebabkan ac lebih berisik. Ketika kondisi demikian, menandakan bahwa power fan sudah tertutup debu.

BACA JUGA:Bedah Tuntas AC Portable Mini yang Viral di Tiktok, Ternyata Begini Spesifikasinya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: