Kapal Taagboot TB Indah Asal Tegal dan 5 Kru Hilang di Perairan Tegal - Indramayu

Kapal Taagboot TB  Indah Asal Tegal  dan 5 Kru Hilang di Perairan Tegal - Indramayu

Dua hari sebelum berangkat, nampak kru kapal TB Indah tengah melakukan persiapan menuju ke Indramayu. -Dok. Ist-jogja.disway.id

TEGAL,  DISWAY JOGJA - Kapal Taagboot TB Indah milik PT Adhiguna Nusantara Shipping, dengan 5 kru hilang saat perjalanan dari pelabuhan Tegal menuju Indramayu pada 11 September 2023. 

Bahkan meski sudah dilakukan pencarian oleh Tim Syahbandar hingga KRI Hasan Basri Surabaya, sampaikan saat kini keberadaan kapal besi dengan 28 GT termasuk 5 kru tak kunjung jelas keberadaannya. 

Pengurus Kapal Taagboot TB  Indah, Hendra Agusta mengatakan, awalnya perusahaan mendapatkan telepon soal permintaan bantuan untuk menderek kapal yang trouble di perairan Indramayu Jawa Barat. 

BACA JUGA:Tak Netral, ASN di Jawa Tengah Siap-Siap Terjerat Sanksi

"Dari komunikasi itu, kami pun menerjunkan 5 kru termasuk nahkoda. Mereka diantaranya Ahmad Munaeri (Nahkoda) asal Batang, Henfri asal Salatiga, Arizki dari Purbalingga, Rodin warga RT 01 RW 02 desa Grobog Kulon Pangkah Kabupaten Tegal dan Lucky Pasyahadi warga Jalan Arjuna Gg 16 Slerok Tegal Timur Kota Tegal, " katanya Selasa 17 October 2023.

Menurutnya, 5 kru itu kemudian berangkat menggunakan Kapal Talkbood Indah, yang langsung mendapatkan SPB (surat persetujuan berlayar) dari Syahbandar Tegal dengan nomor SPB. IDTEG.0923.0000011. 

BACA JUGA:KA Argo Semeru dan KA Argo Wilis Adu Banteng, Jalur KA Ditutup Sementara

"Dari Pelabuhan Tegal, Kapal bergerak sekitar pukul 20.00 wib. Kemudian sekitar pukul 23.30 wib, Nahkoda mengirim sinyal koordinat masuk wilayah Tanjung Brebes, " urainya. 

Kendati demikian, sampai dengan keesokan harinya, tidak ada laporan lagi dari nahkoda. Termasuk pada hari Kamis 14 September 2023, kapal yang sebelumnya mengaku trouble malah justru sudah balik ke Pelabuhan Tegal. 

"Dan ternyata, kapal yang trouble itu berjalan sendiri setelah sebelumnya menunggu kapal bantuan yang tak kunjung datang, " jelasnya. 

BACA JUGA:Kurangi Pupuk Kimia, Emak-emak di Tegal Dilatih Membuat Eco Enzyme

Dari kejadian itu, pihaknya pun langsung berkoordinasi dan laporan dengan sejumlah pihak mulai dari Syahbandar Tegal, Basarnas, hingga Distrik Navigasi Tipe A Kelas II Tanjung Mas Stasiun Pantai Tegal. 

"Tak terkecuali, upaya pencarian kapal dan kru pun dilakukan oleh KRI Hasan Basri Surabaya yang menyisir di perairan sepanjang Tegal - Indramayu Jabar. Namun demikian, hasilnya nihil. Tim menyebut tidak menemukan adanya tanda- tanda kapal mengalami tenggelam, " ungkapnya. 

BACA JUGA:Tuntas Anak Putus Sekolah di Kabupaten Tegal, Dikbud Luncurkan Program Yuh Sekolah Maning

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: