Beginilah Trik Mengoptimalkan Kinerja AC Yang Baik dan Benar Di Rumah Kamu

Beginilah Trik Mengoptimalkan Kinerja AC Yang Baik dan Benar Di Rumah Kamu

--

DISWAY JOGJA - Ac adalah salah satu alat elektronik yang sering digunakan di indonesia disaat cuaca di luar sedang panas.

AC ini memang menjadi salah satu solusi yang cocok bagi penggunanya untuk menyejukan ruangan. Seperti halnya ada juga yang memasanng AC ini di Kamar, ruang tamu, bahkan di ruang pribadi untuk berkumpul dan bersantai bersama keluarga.

Apalagi mendapatkan suhu terbaik, dibutuhkan juga pengaturan khusus agar tidur kamu menjadi nyaman dan sejuk tidak mudah kepanasan. Nah, berikut Disway Jogja akan membahas beberapa trik mengoptimalkan kinerja AC pada ruangan ber-AC kamu.

Salah satu mengoptimalkan kinerja AC Pada perangkat pendingin ini adalah menggunakan sistem pengaturan suhu yang menggunakan remot AC yang sudah di sediakan di paket penjualanya.

Atur remote AC dengan benar agar lebih dingin dan nyaman buat kamu. Saat musim kemarau seperti ini, beberapa wilayah Indonesia sudah lebih dulu merasakan hawa panas bahkan saat ini suhu panasnya lebih tinggi dari biasanya. Untuk mengatasi panas tersebut, kita dapat menggunakan pendingin udara (AC).  

Pasti ketika kamu masih baru memiliki AC seringkali bingung untuk mengoptimalkan kinerja AC agar angin yang di keluarkan dapat dingin.

Selain mengatur suhu pada remote AC, hawa sejuk dapat keluar maksimal apabila AC sering dibersihkan dan service secara rutin.

Pembersihan AC meliputi pembersihan filter, bagian outdoor AC, dan bagian lainnya yang menjadi sarang jamur dan kotoran menumpuk. Itu sebabnya anda perlu mengatur jadwal pembersihan dan service AC agar dapat mengoptimalkan kinerja AC.

BACA JUGA:7 Tips Hemat Listrik AC Agar Tidak Boros dan Tagihan Listrik Kamu Tidak Membengkak!

Ada beberapa cara untuk mengatur AC agar dingin maksimal, antara lain:

1. Mengoptimalkan Kinerja AC dengan mengatur suhu AC sesuai kebutuhan
suhu yang terlalu rendah dapat membuat hawa dingin yang berlebihan dan membuat beberapa komponen rusak karena terus digunakan dalam jangka waktu yang lama.

Anda dapat menyetel suhu pada 16 derajat celcius apabila ruangan benar-benar panas pada ruangan yang penuh orang karena suhu tersebut merupakan suhu terendah dari AC.

Untuk pemakaian dalam kamar atau ruangan yang cenderung kecil, anda cukup mengatur suhunya antara 19 derajat celcius hingga 16 derajat celcius. Atau bisa juga dengan mode auto, AC akan menyesuaikan dengan suhu yang ada.

2. Harus Menggunakan Setting Mode Remote Pada Posisi Cool Atau Tanda Bintang
Cara kedua untuk mengoptimalkan Kinerja AC yaitu memastikan bahwa remote  AC kamu sudah mengatur setting cool atau pada biasanya bisa di sebut juga dengan simbol berbentuk bintang atau simbol salju.

Mode setting ini tentunya akan memaksimalkan hawa yang dingin dan menyejukan yag keluar pada AC.
Nahh simbol bintang atau cool sendiri adalah pengaturan pendinginan ruangan.

jadi udara yang keluar dari AC tidak hanya angin saja seperti pada kipas angi. Tetapi bisa mengeluarkan hawa dingin yang menyejukan ruangan kamu.

3. Gunakan fitur pengaturan kelembaban
Mungkin beberapa AC pasti dilengkapi dengan fitur kelembaban. jika udara diruangan kamu terasa lembab.

Segera aktifkan fitur kelembaban dan cara ini akan membantu ruangan kamu menimbulkan suasana yang lebih nyaman.

BACA JUGA:6 Rekomendasi AC Split 2023 Yang Hemat dan Awet Dengan Harga murah! Penasaran? Simak Ulasanya di bawah Ini!

4. Gunakan Timer Pada Penggunaan AC
Pasti beberapa AC di lengkapi fitur timer yang memungkinkan kamu bisa mengatur waktu kinerja AC. Dan manfaat fitur ini untuk menghidupkan atau mematikan AC secara otomatis sesuai jadwal kamu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: