7 Tips Hemat Listrik AC Agar Tidak Boros dan Tagihan Listrik Kamu Tidak Membengkak!

7 Tips Hemat Listrik AC Agar Tidak Boros dan Tagihan Listrik Kamu Tidak Membengkak!

--

DISWAY JOGJA - Air Conditioner (AC) adalah sebuah alat elektronik yang bisa menyedot daya listrik yang cukup besar.

Untuk itu kamu tidak boleh sembarangan memakai sembarangan alat pendingin ini dan kamu harus tau tata cara memakai AC agar hemat listrik dan tagihgan listrik kamu tidak membengkak.

Dan sebagai orang yang tinggal di negara yang beriklim tropis, musim kemarau di negara indonesia memang mengalami suhu yang sangat panas.

jadi jika seseorang memasang AC di rumahnya adalah sebuah hal yang wajar karena bisa menjadi tempat nyaman untuk beristirahat ketika seharian penuh di luar ruangan yang panas.

Tapi sayangnya hal ini banyak orang yang tidak di imbangi dengan pemahaman dengan benar bagaimana cara memakai AC yang benar. Jika seseorang menggunakan secara serampangan maka kinerja AC akan menjadi lebih keras dan berakibat listrik bisa membengkak.

Nah disway jogja akan memberikan tips hemat listrik AC agar tidak boros dan tagihan kamu tidak akan membengkak.

1. Bersikan dan Servis AC Secara Rutin
Jika kamu ingin tau Tips Hemat Listrik AC salah satunya addalah kamu harus rajin membersihkan AC secara teratur.

Karena air conditioner yang kotor akan  membuat kinerja kompresor akan lebih keras lho. dan kondisi ini tentu akan membuat daya listrik yang di gunakan menjadi lebih banyak.

Oleh karena itu kamu harus wajib memberihkan filter AC setiap 1 bulan sekali dengan secara keseluruhan setiap bulanya. Dan yang paling penting kenapa untuk di wajibkan  rajin membersihkan setiap bulanya itu untuk mencegah barang elektronik ini rusak atau juga membutuhkan perbaikan.

2. Hindari Buka Tutup AC Ruangan Ber-AC
Tips hemat listrik AC selanjutnya adalah sebisa mungkin ruangan kamu harus selalu tertutup dikarenakan itu juga bisa menjadi boros dalam pemakaian alat pendingin ruangan.

Pada saat sebuah pintu ruangan dibuka tutup terus menerus maka suhu yang di dalam ruangan menjadi tidak stabil karena akan masuk ke dalam ruangan. Kondisi ini biasanya akan membuat AC berkerja  terus menerus tentunya untuk menstabilkan suhu ruangan yang ada di dalam.

Ketika AC ini di pasang di ruang terbuka maka otomatis ruangan akan menjadi kesulitan mencapai suhu yang diinginkan dan sehingga pendingin ruangan akan terus menerus berkerja dengan maksimal.

3. Tidak Boleh Terlalu Sering Memakai Mode Powerful
Yang ketiga ini bisa menjadikan tips hemat listrik AC loh dikarenakan banyak orang pasti ingin mendapatkan ruangan yang dingin dengan menggunakan mode powerful.

Nah justru mode ini membuat kompresor dan fan berkerja lebih keras dan membuat tagihan listrik kamu menjadi bengkak.

Untuk itu kami menyarankan jangan terlalu sering menggunakan mode powerful dan pastikan kamu menggunakan timer pastinya cara ini agar mode powerful bisa mati secara otomatis saat tidak dibutuhkan.

4. Pilih AC Dengan PK Rendah
Tips menghemat listrik AC yang berikutnya adalah dengan cara memilih AC PK yang rendah.

Oleh karena itu yang memiliki AC PK rendah akan menjadi solusi yang cocok  buat kamu yang mempunyai ruangan yang di bawah 10 meter persegi.

Dan jenis pendingin ruangan ini biasanya mempunyai keunggulan  yakni makin kecil ukuran PK, makin kecil juga dengan pemakaian listrik di rumah kamu.

5. Pilihlah AC Hemat Energi
Dengan cara pilih AC yang hemat energi ini menjadi salah satu tips hemat listrik AC juga loh!.

AC dengan fitur hemat ini produk ini dilengkapi dengan kompresor yang biasanya menggunakan daya listrik yang lebih kecil di bandingkan dengan AC standar. Bahkan AC hemat energi ini dapat menghemat konsumsi daya dengan daya listrik  di kisaran 20-30 persen setiap bulanya lho.

Tetapi harus perlu kamu ingat bahwa AC low watt umumya dibandrol dengan harga yang mahal. Nah selain itu juga proses pendingin ruangan akan jadi lebih lama karena ac itu hanya menggunakan daya listrik yang sangat kecil.

6. Jangan Langsung Mematikan AC Saat Baru Dimatikan
Tips cara hemat listrik AC lainya adalah kamu jangan langsung menylakan ac yang baru saja kamu matikan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: