5 Tips Agar AC Portable Anda Tetap Optimal, Ini dia Cara Perawatannya!

5 Tips Agar AC Portable Anda Tetap Optimal, Ini dia Cara Perawatannya!

Ilustrasi AC Portable--

DISWAY JOGJA - AC portabel adalah pilihan tepat untuk apartemen sewaan atau rumah kecil karena yang dapat dipindahkan dari satu ruangan ke ruangan lain.

Berbeda dengan AC yang dapat mendinginkan ruangan, AC portabel harus diletakkan di tempat yang tepat untuk mendapatkan udara yang sejuk. Melansir dari Compact Appliance.

Berikut lima tips hebat untuk Anda tetap sejuk meskipun Anda hanya menggunakan AC portabel. 

1. Luruskan Pipa Pembuangan 

Hal ini sangat penting untuk pengoperasian dan pemeliharaan AC portabel yang benar.

Saluran pembuangan yang digunakan untuk membuang udara panas melalui jendela, pintu geser atau drop ceiling harus tetap lurus tanpa terpuntir atau tertekuk. 

Jangan mencoba memanjangkan pipa pembuangan karena harus dibuat sependek mungkin untuk efisiensi maksimum. 

Sebagian besar selang pembuangan memiliki panjang 1 hingga 2 meter, sehingga memberi Anda cukup ruang yang untuk mencapai area ventilasi yang tepat.

Menjaga selang tetap pendek dan lurus juga akan mencegah kelebihan uap air yang menumpuk, yang dapat meresap ke dalam dan menyebabkan kerusakan internal pada unit.

BACA JUGA:Poin Penting AC Portable, Simak Kelebihan dan Kekurangannya Yang Harus Anda Tahu!

2. Tutup Pintu

AC portabel bekerja paling baik di ruang tertutup, jika Anda menggunakannya di kamar tidur, sehingga udara hangat yang berlebih tidak masuk dan udara sejuk terus bersirkulasi. 

Pada denah lantai terbuka seperti dapur dan ruang tamu, disarankan untuk mempertimbangkan seluruh ruang gabungan saat menghitung luas persegi. 

Selanjutnya, coba letakkan unit AC portabel di sudut ruangan yang tidak terkena sinar matahari langsung. Harus berada di dekat jendela untuk ventilasi, tetapi jika memungkinkan pilihlah sudut ruangan yang paling sejuk untuk mencegah perangkat terlalu panas.  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: