Bolehkah Menggunakan Ac Sepanjang Hari? 3 Resiko kesehatan yang dapat terjadi...

Bolehkah Menggunakan Ac Sepanjang Hari? 3 Resiko kesehatan yang dapat terjadi...

3 Resiko yang dapat terjadi ketika menggunakan ac seharian--Pinterest

Penyaring udara yang kotor karena jarang dibersihkan pada ac jika terjadi secara terus menerus dapat menjadi sarang kuman yang dapat mengakibatkan infeksi.

Begitu pula dengan pemasangan ac rumah yang terlalu rendah dan jarak yang terlalu dekat dengan kepala. Jika anda sensitif dan penyaring udara kotor dapat menyebabkan batuk hingga asma.

BACA JUGA:4 Perbedaan AC Rumah antara AC Portable dengan AC split, Mana yang Lebih Baik?

2. Migrain dan tegang pada leher

Ketika pemasangan ac yang terlalu rendah angin yang keluar cenderung terasa lebih kencang pada tubuh, akibatnya pembuluh darah akan menyempit. 

Jika hal ini dibiarkan dapat menyebabkan tegang pada leher dan migrain pada bagian kepala. Hal ini dapat terjadi di tempat kerja maupun ketika di rumah.

Untuk menghindari tegang pada leher dan migrain sebaiknya perhatikan posisi duduk agar jarak dengan pendingin ruangan tidak terlalu dekat. Selain itu juga tidak mengarah langsung pada tubuh.

Maka sebaiknya ketika proses instalasi perlu memperhatikan pemasangan pendingin ruangan yang tidak terlalu rendah agar jarak dengan tubuh tidak terlalu dekat. 

BACA JUGA:Bolehkah Menyalakan AC Selama 24 Jam Non Stop? Simak, ini Penjelasannya Lengkapnya

3. Dehidrasi kulit

Ternyata pengguanaan ac yang terus menerus memiliki dampak negatif pada kulit. Kulit dapat mengalami dehidrasi yang memicu keriput.

Sebagai contohnya, buah yang dimasukan kedalam lemari pendingin. Jika disimpan tanpa pembungkus plastik, untuk bagian luar kulit, buah akan menjadi keriput.

Dengan kondisi yang demikian buah akan terjaga dari proses pembusukan karena diperlambat dengan suhu yang rendah meskipun bagian luar buah menjadi keriput.

Ilustrasi tersebut juga sama bagi kulit manusia. Suhu yang dingin karena air conditioner dapat menyebabkan dehidrasi kulit dan kulit akan terasa kering.

Sebaiknya pilih suhu ruangan yang tidak terlalu dingin dan gunakan ac seperlunya saja. Dengan begitu, mengurangi resiko dehidrasi pada kulit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: