2.217 Pemilih Pemilu 2024 di Brebes Berpotensi Ganda, KPU Harus Segera Tindak Lanjuti

2.217 Pemilih Pemilu 2024 di Brebes Berpotensi Ganda, KPU Harus Segera Tindak Lanjuti

KPU Brebes mendapat saran dan masukan terkait potensi data pemilih ganda di DPT Pemilu 2024.-Eko Fidiyanto-jogja.disway.id

BREBES, DISWAY JOGJA - Potensi data pemilih ganda pada Pemilu 2024 ditemukan di 15 kecamatan di Kabupaten Brebes, Selasa  10 Oktober 2023. Sebanyak 2.217 pemilih yang tersebar di belasan kecamatan ini masuk diduga potensi data ganda.

Dugaan potensi data ganda ini ditemukan dari hasil analisa Akademi Pemilu dan Demokrasi (APD) terhadap data DPT Kabupaten Brebes. 

"Kami selaku masyarakat menganalisa DPT Brebes dari Pemilu 2004. Kami menduga dari sekian DPT itu kita temukan data potensi ganda ada sekitar 2.217 pemilih," kata Koordinator Lembaga Akademi Pemilu dan Demokrasi (APD) Kabupaten Brebes, Wakro.

BACA JUGA:Butuh AC Portable Terbaik dan Tidak Berisik? Simak Rekomendasinya di Bawah ini

Wakro menyebutkan, pihaknya melakukan analisis DPT Pemilu 2024 dengan metode sederhana. Pihaknya memadukan beberapa data, dan ditemukan ada kesamaan nama, umur, jenis kelamin, alamat RT dan RW, lokasi TPS, namun dengan Nomor Induk Kependudukan (NIK) berbeda.

Dengan temuan potensi data ganda ini, pihaknya berharap masukan dari masyarakat ini bisa ditindaklanjuti oleh KPU Brebes.

BACA JUGA:8 Rekomendasi AC Portable Terbaik untuk Rumah dan Kantor Serta Keunggulannya

"Betul atau salah kami serahkan ke KPU dan Bawaslu. Terkait penanganannya, itu KPU dan Bawaslu, kami sifatnya memberikan masukan. Intinya dari data yang kami temukan ada kesamaan nama, usia, alamat, lokasi TPS, tapi NIK nya berbeda," ungkap Wakro.

Dia merinci, dugaan potensi data ganda itu tersebar di Kecamatan Banjarharjo 140 pemilih, Bantarkawung 87 pemilih, Brebes 170 pemilih, Bulakamba 270 pemilih, Bumiayu 90 pemilih, Jatibarang 78 pemilih, Kersana 84 pemilih, Ketanggungan 219 pemilih, Larangan 244 pemilih, Losari 118 pemilih, Paguyangan 74 pemilih, Sirampog 80 pemilih, Songgom 125 pemilih, Tanjung 166 pemilih, dan Tonjong 42 pemilih.

"Paling banyak itu memang di Kecamatan Bulakamba, mencapai 270 pemilih," ungkap Wakro.

BACA JUGA:Dingin Merata ke Berbagai Sudut: Inilah MIDEA MPHA-05CRN7, AC Portable untuk Ruangan Besar

Komisioner KPU Brebes Divisi Data dan Informasi, Muarofah mengatakan, pihaknya menyampaikan terima kasih atas masukan dari Akademi Pemilu dan Demokrasi (APD) terkait dari pencermatan daftar pemilih di Kabupaten Brebes. Dia menuturkan, temuan tersebut baru sebatas dugaan potensi ganda. Namun pihaknya akan langsung menindaklanjuti temuan data itu dengan kroscek ke lapangan untuk bertemu dengan nama-nama yang ada di data potensi ganda.

"Nanti kita besok langsung akan tindaklanjuti di lapangan itu untuk ketemu dengan nama-nama yang ada di data ini. Kita akan melibatkan badan adhoc terutama PPK dan PPS,” paparnya.

Dia melanjutkan, untuk data tersebut menurutnya cukup kecil untuk jumlah pemilin di Kabupaten Brebes yang jumlannuao 1,5 juta. Terkait dengan potensi data ganda itu, dia menyebutkan belum bisa menjawab karena KPU belum melakukan cek langsung di lapangan. Namun pihaknya memastikan secepatnya akan tindaklanjuti baik di aplikasi Sidalih (sistem informasi data pemilih) maupun di grup KPU Kabupaten Brebes.

BACA JUGA:Ini Dia! Spesifikasi AC Portable dari Sharp Terbaru 2023

"Kami belum bisa menjawab penyebabnya apa, karena belum cek langsung," tandasnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: jogja.disway.id