Bingung Ketika Memilih AC Rumah? Perhatikan 3 hal berikut Biar Gak Salah Pilih..!!

Bingung Ketika Memilih AC Rumah? Perhatikan 3 hal berikut Biar Gak Salah Pilih..!!

Tips memilih ac--Pinterest

- Luas ruangan 24 meter persegi maka menggunakan 1,5 pk

- Luas ruangan 36 meter persegi maka menggunakan 2 pk

 

Ketika membeli ac rumah tidak sesuai ruangan yang tersedia, dapat berakibat pada tagihan listrik dan kinerja air conditioner.

Misalnya ketika luas ruangan 14 meter persegi dan menggunakan ac 0,5 pk maka ac akan bekerja secara penuh dengan jangka waktu yang lama. Mesin lebih rawan rusak karena kompresor bekerja secara terus menerus.

Namun berbeda ketika luas ruangan 14 meter persegi dan menggunakan ac 0,7 pk maka kinerja kompresor lebih ringan tidak bekerja terlalu berat karena dengan jangka waktu yang lama. 

BACA JUGA:7 Tips Penggunaan AC Saat Cuaca Panas Agar Tetap Hemat Listrik

Pemilihan ac yang sesuai dengan luas ruangan menjadikan kompresor mesin pendingin bekerja secara normal, tidak pada kemampuan 100%. Sehingga umur mesin pendingin dapat lebih lama.

2. Kebutuhan

Secara umum, ac split wall memiliki tiga tipe yaitu tipe standar, low watt, dan inverter. Pada tipe ac standar mesin akan bekerja dalam performa maksimal agar ruangan dapat dingin dengan segera.

Pada tipe standar atau konvensional, konsumsi daya cenderung tinggi karena mesin pendingin bekerja secara terus menerus. Berbeda dengan tipe low watt atau inverter.

 

Tipe low watt

Tipe low watt biasanya akan menggunakan daya yang tinggi hanya ketika pada tarikan awal, setelah suhu yang  diinginkan tercapai performa mesin akan turun bekerja secara ringan. Sehingga daya lebih rendah.

Meski demikian, ac low watt tidak cocok bila dioperasikan dalam jangka waktu panjang. Misalnya selama satu penuh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: