7 Tips Penggunaan AC Saat Cuaca Panas Agar Tetap Hemat Listrik

7 Tips Penggunaan AC Saat Cuaca Panas Agar Tetap Hemat Listrik

7 Tips Penggunaan AC Saat Cuaca Panas--

DISWAY JOGJA - Dalam situasi cuaca yang panas seperti sekarang ini, air conditioner (AC) sering kali menjadi andalan untuk memberikan kenyamanan Ketika di dalam ruangan. 

Namun, penggunaan AC yang tidak tepat terus menerus akan membuat boros listrik yang bisa membuat masalah baru. Lantas apakah salah menggunakan AC terus menerus ketika cuaca sedang panas – panas nya? 

Tentu tidak, namun ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar penggunaan AC tetap optimal dan tidak membuat tagihan listrik menjadi membengkak.

Jadi, manakah cara yang tepat untuk menggunakan AC disaat cuaca panas namun tetap menghemat listrik?

Anda tidak perlu khawatir, berikut ini adalah beberapa penggunaan AC secara optimal di cuaca yang sedang panas tanpa takut tagihan listrik akan melambung tinggi.

BACA JUGA:Terbaru! 5 Tips Sederhana Menggunakan AC Portabel Agar Lebih Awet dan Efisien

Cara menggunakan AC di cuaca panas agar tetap hemat listrik

1. Gunakan suhu AC yang tepat

Pengaturan suhu AC yang tepat sangat mempengaruhi konsumsi listrik. Semakin rendah suhu yang diatur, kompresor akan semakin lama bekerja, yang akan meningkatkan konsumsi listrik. 

Suhu yang ideal sebenarnya adalah 24-26 derajat Celcius, di mana suhu tersebut nyaman bagi kebanyakan orang dan tidak membebani AC untuk bekerja terlalu keras sehingga penggunaan listrik akan lebih hemat.

2. Gunakan jenis AC inverter

Pilih AC jenis inverter, yang lebih efisien dalam hal penggunaan listrik. AC konvensional bekerja dalam mode ON atau Off untuk kompresor. 

Namun, AC inverter dapat menyesuaikan kekuatan pendinginannya, sehingga mengurangi beban kerja kompresor dan menghemat energi.

3. Lakukan perawatan rutin pada AC

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: