Kebakaran Besar Hanguskan Sejumlah Bangunan Toko, Ternyata Ini Penyebabnya

Kebakaran Besar Hanguskan Sejumlah Bangunan Toko, Ternyata Ini Penyebabnya

Petugas dibantu warga berupaya memadamkan api yang membakar sejumlah bangunan toko di samping Kantor PLN Bumiayu. -Teguh Supriyanto-jogja.disway.id

BUMIAYU, DISWAY JOGJA - Kebakaran besar menghanguskan sejumlah bangunan toko dan juga garasi kendaraan di jalan Ikhsan Turmudzi bagian barat Kantor PLN Bumiayu, wilayah Dukuh Karangturi RT 02 RW 01, Desa Bumiayu,Kecamatan Bumiayu, Kamis 5 Oktober 2023 sekitar pukul 19.00 WIB.

Dua orang yang merupakan istri dan pemilik salah satu toko mengalami luka dalam kejadian tersebut. Sementara barang dagangan beserta satu unit sepeda motor, tidak dapat diselamatkan dari amukan jago merah dan ikut terbakar.

Informasi yang berhasil dihimpun menyebutkan, api kali pertama diketahui dari salah satu toko milik Muhammad yang berjualan sembako.Tidak lama berselang, api merembet ke arah selatan hingga membakar bangunan lain yakni garasi milik Muhammad Azizi dan dua toko lain,yakni milik Hanan Makarom.

BACA JUGA:KUR BRI 2023 Sangat Cocok Bagi UMKM yang Ingin Berkembang

"Di dalam garasi sebetulnya ada mobil yang terparkir, namun berhasil dikeluarkan oleh warga. Sementara sepeda tidak terselamatkan," ungkap Mujianto, 46, warga setempat.

Dikatakan, warga setempat berupaya memadamkan api dengan peralatan seadanya sebelum petugas Damkar tiba di lokasi kejadian yang mendapat dukungan dari truk tangki BPBD Brebes.

"Kejadiannya sangat cepat, api diketahui sudah membesar. Pemilik toko sudah berusaha menyelamatkan barang berharga, namun nyala api semakin tidak terkendali," tuturnya.

BACA JUGA:3 Tips Melepaskan Diri dari Kejaran DC Lapangan Pinjol, Pesan dari Buya Yahya

Sementara Masrukhi, warga yang rumahnya tepat berada di deretan toko yang terbakar mengatakan, dirinya mengetahui api telah membumbung tinggi dan dengan cepat menjalar ke bangunan lainnya. "Saya segera menghubungi petugas BPBD dan juga Damkar, yang segera datang ke lokasi," ucapnya.

Aksi dramatis terjadi, saat warga mengevakuasi sebuah mobil yang terjebak di dalam bangunan. Di Tengah kepungan api yang semakin membesar, akhirnya mobil dapat dievakuasi. "Kepanikan juga disebabkan ada bagian toko sembako terdapat puluhan tabung gas LPG, khawatir sewaktu-waktu meledak karena panas," imbuhnya.

Aliran listrik di wilayah Kecamatan Bumiayu, padam saat terjadinya kebakaran. Satu unit kendaraan Damkar Pos Bumiayu dan satu unit truk tangki BPBD Brebes dikerahkan, mengatasi kebakaran di lingkungan padat adat penduduk tersebut.

Sekitar pukul 22.00 WIB, api dapat dikendalikan oleh petugas Damkar bersama Satgas PB BPBD Brebes Pos AJU Bumiayu yang membutuhkan tiga kali pengisian air.

BACA JUGA:Tidak Sampai 5 Menit Saldo Dana Langsung Masuk ke Akunmu, Begini Caranya!

"Kami berupaya melokalisir api agar tidak terus menjalar ke bangunan lainnya, dimana merupakan permukiman," ungkap Budi Sujatmiko Koordinator Satgas PB BPBD Brebes Pos AJU Bumiayu.

Setelah api berhasil dipadamkan, petugas melakukan proses pendinginan lokasi kejadian. Sementara Kapolsek Bumiayu APK Kasam didampingi Kanit Reskrim Budi Atmaja, membenarkan terjadinya insiden kebakaran tersebut.

"Dugaan sementara dipicu oleh terjadinya korsleting listrik di salah satu bangunan toko, namun kita masih lakukan pendalaman," ucapnya.

Petugas Polsek Bumiayu berada di lokasi kejadian melakukan pengamanan, sekaligus meminta keterangan sejumlah saksi untuk mengetahui penyebab utama terjadinya kebakaran.

Sementara TKP kebakaran dipasangi garis polisi. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: jogja.disway.id