TPS 3R Desa Payaman Hasilkan Pupuk, Terkendala Fasilitas dan Pemasaran

TPS 3R Desa Payaman Hasilkan Pupuk, Terkendala Fasilitas dan Pemasaran

pekerja TPS 3r memperlihatkan tanah yang subur setelah dipupuk. -DOK.-

DISWAYJOGJA-MAGELANG – Tempat Pengolahan Sampah dengan Prinsip 3R (reduce, reuse dan recycle) atau yang biasa dikenal dengan TPS 3R di Desa Payaman, Kecamatan Secang, Kabupaten Magelang, telah menghasilkan pupuk. Dimana para pengurus dan pekerja di TPS 3R tersebut telah membuat pupuk dengan menggunakan sampah yang mereka terima. Namun sayang, mereka tekendala beberapa masalah dan pemasaran pupuk tersebut.

Koordinator TPS 3R Desa Payaman Yanto mengungkapkan, bahwa pihaknya belajar membuat pupuk secara otodidak. ”Kami bikin pupuk semprot, kompos dan maggot itu secara sendiri, tidak ada yang ngajarin,” terang Yanto, seprti yang dilansir dari Magelang Ekpres.

BACA JUGA:Rahasia Yang Jarang Diketahui, Mengapa DC Pinjol Tidak Mengunjungi Rumah Nasabah?

Yanto menjelaskan, hasil pupuk yang mereka buat telah diimplementasikan. Hasilnya telah dibuktikan oleh sejumlah petani bahwa pupuk tersebut tidak kalah dengan pupuk lainnya. ”Pupuk yang kami buat sudah kami coba di sawah-sawah, hasilnya bagus, tanahnya jadi terlihat subur dan baik,” imbuh Yanto yang sudah bekerja di pengelolaan sampah tersebut selama 13 tahun.

BACA JUGA:Simak Keunggulan Xiaomi TV Stick 4K, Perangkat yang Bisa Merubah TV Biasa Menjadi Smart TV

Namun Yanto mengaku ada beberapa kendala yang dialami. Selain tidak ada yang mengajarkan dan fasilitasnya yang kurang memadai, marketing atau upaya pemasaran pupuk ini belum menemukan titik terang.

“Kami yang paling utama selain fasilitas, sama kurangnya yang memberikan edukasi terkait pupuk, tapi ada masalah lagi yaitu ketika memasarkan hasil inovasi ini. Pupuk-pupuk ini mau digimanakan target pasar dan marketingnya,” terang Yanto.

Yanto berharap bahwa ada bantuan dari pemerintah atau lembaga sosial yang bisa memberikan edukasi terkait hal ini. Kemudian untuk menunjang fasilitas pengelolaan dan karyawan di tempatnya. (mg6)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: