Cegah Penularan Penyakit Mulut dan Kuku, Puluhan Ekor Kambing di Kabupaten Tegal Divaksin

Cegah Penularan Penyakit Mulut dan Kuku, Puluhan Ekor Kambing di Kabupaten Tegal Divaksin

Tim dadi Dinas KP Tan Kabupaten Tegal saat melakukan vaksinasi kambing di Kecamatan Dukuhturi, untuk menghindari penyebaran PMK-Yeri Noveli-jogja.disway.id

SLAWI, DISWAY JOGJA - Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (KP Tan) Kabupaten Tegal gencar melakukan vaksin terhadap hewan ternak domba dan kambing. Langkah ini untuk mencegah penularan penyakit mulut dan kuku (PMK) di wilayah Kabupaten Tegal.

Kepala Dinas KP Tan Kabupaten Tegal Agus Sukoco melalui Kabid Peternakan Sugiyanto mengatakan vaksin kali ini dilakukan di Desa Pekauman Kulon dan Desa Pepedan Kecamatan Dukuhturi. 

Jumlah kambing yang divaksin sebanyak 74 ekor. Pemberian vaksin ini merupakan agenda rutin untuk memberikan kesehatan terhadap hewan ternak.

BACA JUGA:Plafon pinjaman KUR BSI hingga Rp 500 juta, Cocok untuk pengantin baru!

"Kegiatan ini tujuannya untuk mencegah penularan PMK," kata Sugiyanto, Kamis 5 Oktober 2023.

Dalam kegiatan itu, Sugiyanto menggandeng Drh. Tutik Ratnaningati, Paramedik dan PPL Kecamatan Dukuhturi. Selama memberikan vaksin, tim tidak menemukan hewan ternak yang terjangkit PMK.

BACA JUGA:KUR BRI 2023 Sangat Cocok Bagi UMKM yang Ingin Berkembang

"Prinsipnya, kami tidak akan lengah dan akan terus gencar melakukan vaksin sebagai upaya pencegahan," kata Sugiyanto menambahkan.

Dirinya tak menampik, di sejumlah daerah masih ada kasus PMK yang menyebar pada hewan ternak. Karena itulah, Sugiyanto tidak ingin virus itu masuk ke Kabupaten Tegal.

BACA JUGA:Cara Mengajukan KUR BCA Tanpa Jaminan, Langsung Cair dengan Limit Rp 500 Juta! Simak Disini!

"Vaksin akan kami lakukan secara merata," tukasnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: jogja.disway.id