3 Cara terlarang yang dilakukan dc lapangan dalam menagih hutang, segini pinjaman yang tak di datangi dc

3 Cara terlarang yang dilakukan dc lapangan dalam menagih hutang, segini pinjaman yang tak di datangi dc

3 cara terlarang yang sering digunakan--

DISWAY JOGJA - keberadaan pinjol, meskipun memiliki bunga yang besar, memiliki manfaat bagi sebagian masyarakat. Karena keberadannya mampumemberikan pinjaman dana dengan syarat yang terbilang mudah. Ditengah sulitnya mencari pinjaman. terlebih terdapat pandangan bahwa meminjam pada kerabat beresiko merusak hubungan yang telah terjalin.

Ditengah kemudahan yang ditawarkan bagi yang tengah membutuhkan dana cepat, pinjaman online juga memberikan resiko yang serius jika penggunanya tak dapat melunasi hutangnya atau galbay (gagal bayar). Akibatnya, terjadi pengerahan dc lapangan untuk menagih hutang.

DC merupakan merupakan kepanjangan dari Debt Collector, sebuah profesi yang bertugas untuk melakukan tagihan
kepada nasabah yang galbay. Lembaga pinjol biasanya menyewa jasa dc lapangan untuk "mengurus" nasabah yang
galbay agar melunasi hutangnya dengan berbagai cara.

Keberadaan dc lapangan sebagai penagih hutang, kerap kali meresahkan karena ia bisa saja lebih parah dari jalangkung.
datang tak diundang, eh sudah datang ga mau pulang. Apesnya kalo posisi rumah sedang rame atau ada tamu. Kan jadi momen yang memalukan. Belum lagi jika banyak tetangga yang mendengar.

BACA JUGA:Hati-hati! Ini 6 Bahaya Ajukan Pinjaman di Banyak Pinjol

#Cara-cara terlarang yang dilakukan untuk menagih hutang oleh pinjol

1. Ancaman

Keterlambatan dalam melunasi tagihan pinjaman online dapat menimbulkan masalah. Misalnya ancaman yang dilakukan oleh debt collector melalui sms, whatsapp, bahkan telfon. Untuk memberi efek takut pada peminjam agar segera melunasi hutangnya, ancaman pun dilakukan dengan kata-kata kasar dan makian. Yang lebih parah ialah memberikan perintah yang tak senonoh.

Berdasarkan aduan yang masuk pada AFPI (Asosiasi Fintech Pendanaan bersama Indonesia) terdapat 426 aduan pada 2019. Mayooritas aduan yang masuk mengenai penagihan dengan cara yang kasar dan akses terhadap data pribadi oleh pinjol. Terkait penagihan yang kasar memperoleh angka 43 persen dari total aduan. Sedangkan akses data pribadi mencapai 41 persen, dan 10 persen melaporkan bunga dan denda pinjol yang terlalu tinggi

2. Penyebarluasan data/ Peretasan

Dalam proses pengajuan pinjaman pada pinjol diperlukan data diri seperti foto selfie dengan KTP, identitas pribadi pengguna, dan vidio persetujuan peminjaman dana. Data-data ini merupakan persyaratan dalam mengajukan pinjaman online.

Meskipun demikian, dalam praktiknya seringkali pinjol dapat mengakses foto di galeri, kontak di handphone pengguna. Data-data ini seringkali disalahgunakan untuk mengancam nasabah apabila mengalami galbay (gagal bayar). Akibatnya menimbulkan keresahan pada masyarakat, meskipun telah diatur oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

BACA JUGA:Tak Perlu Khawatir dan Gelisah, Inilah Cara Mengatasi Teror DC Pinjol yang Ilegal

3. DC lapangan

Langkah lain yang dilakukan oleh penyedia jasa pinjaman online dalam menagih utang yang gagal bayar ialah dengan mengirim dc lapangan ke alamat rumah. Kedatangan tamu yang tak diundang ini dapat menimbulkan masalah, terlebih jika kehadirannya tak melihat kondisi. Keadaan yang semula tenang dapat berubah menjadi tak menyenangkan.

Apabila langkah yang dilakukan belum berhasil, maka dc lapangan akan menghubungi kontak darurat yang diberikan ketika mengajukan pinjaman. Dengan menyampaikan permasalahan pada kontak darurat, harapannya utang dapat segera dilunasi.

#Hal yang perlu diperhatikan agar dc lapangan tak sampai ke rumah

1. Kenali Strategi Perusahaan

Sebelum memutuskan untuk melakukan pinjaman pada pinjol sebaiknya kita mengetahui strategi yang diterapkan perusahaan pemberi pinjaman online terlebih dahulu. Karena terdapat beberapa perusahaan yang memiliki strategi menagih utang dengan tidak menggunakan dc lapangan.

Maka kita juga perlu untuk memahami daftar perusahaan yang menggunakan dc lapangan dan yang tidak menggunakan dc lapangan dalam penagihan hutangnya. Pentingnya pemetaan pinjol dapat membantu kita mengurangi resiko ditagih dc lapangan. Sehingga hal-hal yang tidak diharapkan tidak terjadi dan menimbulkan masalah lain.

BACA JUGA:KUR BRI 2023 Sangat Cocok Bagi UMKM yang Ingin Berkembang

2. Nominal yang Dipinjaman

Jika nominal pinjaman kita tak terlalu besar, kemungkinan kedatangan pada dc lapangan semakin kecil.Karena untuk mengirimkan seorang dc lapangan ke rumah kita memerlukan waktu dan biaya perjalanan. Dengan nominal pinjaman yang sedikit, pilihan mendatangi rumah kita tidak ramah secara finansial.

lalu berapa banyak nominal sedikit itu?

Berdasarkan informasi yang diperoleh dari akun youtube Fintech ID, "Pengalaman rata-rata utang atau pinjaman di bawah RP 500.000
jarang yang didatangi dc." Jadi jika nominalmu tak sampai 500 ribu, kamu bisa sedikit lega.

3. Perlindungan Hukum

Secara hukum, perlindungan nasabah pinjaman oline dilindungi oleh Undang-undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen, dan juga Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor (1)/ POJK.07/2013 terkait Perlindungan Jasa Konsumen Sektor Jasa Keuangan pada nasabah pinjaman online yang resmi.

BACA JUGA:7 Rekomendasi Pinjol Tanpa DC Lapangan Terbaik Tahun 2023, Dijamin Aman dari Teror

sebagai penutup, meskipun pinjaman online menawarkan kemudahan ketika mencari dana cepat namun jangan sampai membuat kita sampai terlilit hutang  karena terlena akan kemudahan yang ditawarkan. Sebab, jika mengalami gagal bayar memiliki resiko penagihan dengan cara-cara terlarang oleh dc lapangan. Sebaiknya melakukan pinjaman online jika memang membutuhkan dan bertanggung jawab untuk melunasinya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: