8 Cara Ampuh Usir Nyamuk dengan Serai! Solusi Hidup Lebih Nyaman

8 Cara Ampuh Usir Nyamuk dengan Serai! Solusi Hidup Lebih Nyaman

Serai merupakan solusi ampuh untuk usir nyamuk-Disway-Foto Pribadi

DISWAYJOGJA.ID - Nyamuk menjadi salah satu serangga yang cukup sulit untuk dimusnahkan. Kehadirannya di dalam rumah, kerap kali mengganggu aktivitas dan membuat kita tidak nyaman.

Gigitannya sukses membuat kita gatal-gatal atau bentol. Bahkan beberapa jenis nyamuk dapat menyebabkan penyakit serius seperti demam berdarah loh. Suara dengungannya juga sangat menggangu telinga bukan?

BACA JUGA:8 Keajaiban Buah Melinjo bagi Kesehatan, Si Kecil Kaya Manfaat yang Terlupakan

Selain dengan berusaha menjaga lingkungan rumah tetap bersih, ternyata ada beberapa alternatif yang dapat kita gunakan untuk mengusir nyamuk. Salah satunya adalah dengan serai.

Serai Ampuh untuk Mengusir Nyamuk?

Beberapa penelitian membuktikan bahwa serai bisa digunakan untuk mengusir nyamuk. Tak hanya itu, minyak serai juga diketahui dapat membunuh nyamuk. Karenanya tak heran, bila bahan alami satu ini tidak pernah absen dalam produk pengusir nyamuk.

Serai sendiri dipercaya bisa untuk mengusir nyamuk karena aroma yang dihasilkan. Aroma khas dari serai akan menghalangi nyamuk untuk mencium asam laktat dan karbon dioksida yang dikeluarkan manusia. Padahal, dengan cara itulah, mereka menemukan manusia untuk digigit.

Perlu diketahui, serai mengandung senyawa geraniol dan citronellol dimana keduanya memiliki efek mengusir nyamuk dan mampu membunuh beberapa jenis serangga. Luar biasa sekali ya teman.

BACA JUGA:4 Tanaman ini Efektif Usir Lalat! Nomer 4 Ada dimana-mana

Berikut beberapa cara ampuh mengusir nyamuk dengan serai berikut ini. Simak sampai selesai!

1. Tanam serai di sekitar rumah

Cara pertama untuk mengusir nyamuk dari rumah menggunakan serai adalah dengan menanamnya.

Belilah bibit serai ditoko pertanian, dan tanamlah pada jarak yang cukup. Jangan lupa siram dan beri pupuk agar serai tumbuh dengan baik.

2. Dijadikan semprotan serai

Cara ampuh yang kedua adalah dengan menggunakan serai sebagai bahan baku semprotan nyamuk alami. Kamu hanya memerlukan 2-3 batang serai, air bersih, dan botol semprot.

Rebuslah sereh dengan air hingga mendidih, diamkan hingga dingin, saring lalu masukan pada botol semprot. Semprotan serai siap digunakan!

3. Bakar serai

Kamu bisa membakar serai untuk mencegah nyamuk mendekat loh. Tak perlu banyak-banyak, cukup bakar satu batang serai dan letakan di kamar atau ruangan lain yang sering didatangi nyamuk.

Asap hasil serai yang dibakar ini akan menghalau nyamuk untuk datang mendekat. Ajaib!

BACA JUGA:7 Olahan Minuman Rempah yang Wajib Kamu Coba, Sehat dan Bikin Ketagihan!

4. Potong-potong serai

Jika cara diatas terlalu rumit, kamu bisa mencoba alternatif lain yang lebih mudah.

Kamu hanya perlu menyiapkan wadah dan beberapa serai. Lalu potong serai menjadi beberapa bagian. Letakan pada beberapa wadah. Dan tempatkan wadah-wadah tersebut di setiap sudut ruangan.

Cara seperti ini cukup ampuh untuk mengusir nyamuk loh. Kamu juga tidak perlu menambahkan bahan-bahan yang lain.

5. Jadikan sebagai minyak serai

Untuk mengusir nyamuk, kamu bisa membuat minyak serai dan mengaplikasikannya ke kulit.

Caranya mudah, cukup siapkan minyak kelapa dan daun serai yang sudah dipotong kecil-kecil . Campur dua bahan keduanya dalam panci, lalu panaskan menggunakan api kecil.

Tunggu kurang lebih satu jam, matikan kompor dan biarkan minyak hingga dingin. Jika sudah, kamu bisa langsung mengaplikasikannya ke kulit.

Namun hati-hati untuk kamu yang berkulit sensitif, karena bisa jadi menimbulkan efek samping.

6. Tuangkan minyak serai di wadah

Tenang, jika ternyata kulitmu sensitif, minyak serai bisa dimanfaatkan sebagai bahan tambahan pembuatan lilin dan campuran diffuser untuk mengusir nyamuk.

Hebatnya lagi, kamu juga bisa mengusir nyamuk hanya dengan menuangkan minyak serai ke wadah dan meletakkannya di sudut-sudut ruangan.

BACA JUGA:5 Tanaman ini Miliki Nama yang Unik! Salah satunya Ada Janda Bolong!

7. Jadikan lilin aromaterapi serai

Cara ampuh mengusir nyamuk menggunakan serai selanjutnya adalah memakainya sebagai bahan membuat lilin aromaterapi.

Gunakan minyak serai yang telah kamu buat sebagai bahan utamanya ya. Campurkan dengan lilin yang telah dilelehkan, dan jangan lupa tambahkan sumbu diatasnya.

8. Gunakan minyak serai untuk diffuser

Seperti yang diketahui, diffuser merupakan alat yang dapat mengubah minyak menjadi uap, kemudian menyebarkannya ke seluruh ruangan.

Meneteskan minyak serai dalam diffuser, dapat membuat uapnya menyebar ke seluruh ruangan, dan menghalau nyamuk berkeliaran.

Cukup tambahkan 4-5 tetes minyak serai ke dalam diffuser yang sudah diisi air. Nyamuk dijamin kapok datang lagi!

 

Demikian 8 cara ampuh mengusir nyamuk dengan serai. Selain mudah, cara usir nyamuk menggunakan serai juga tergolong murah. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: