TV Anda tidak ada Siaran? Simak, Begini Cara Mengatasi TV Digital tidak ada Siaran

TV Anda tidak ada Siaran? Simak, Begini Cara Mengatasi TV Digital tidak ada Siaran

TV Anda tidak ada Siaran? Simak, Begini Cara Mengatasi TV Digital tidak ada Siaran--

DISWAY JOGJA - Warga di wilayah yang terkena Blokade Televisi Analog (ASO) tidak lagi dapat menonton program Televisi analog. Ketimbang menonton acara Televisi analog, pemirsa hanya bisa menonton acara Televisi digital.

Ketika televisi analog dimatikan, salah satu cara untuk menonton program televisi digital adalah dengan menggunakan televisi digital yang mendukung DVB-T2 (transmisi video digital - televisi terestrial generasi kedua).

Setelah menginstal DVB-T2 terintegrasi, televisi dapat langsung digunakan untuk menerima sinyal TV digital. Menonton acara televisi digital di televisi digital bisa dikatakan cukup mudah.

Meski mudah, bukan berarti tidak ada kendala. Salah satu masalah yang mungkin Anda temui adalah TV digital Anda tidak menerima sinyal TV. Jika sinyal tidak diterima, televisi digital tidak dapat mengirimkan konten digital saluran tersebut.

Direktur Pengembangan Broadband Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Marvels Situmorang mengatakan, minimnya sinyal TV digital bisa disebabkan oleh beberapa faktor.

Misalnya orientasi atau posisi antena, kondisi televisi yang Anda gunakan, kabel dan jarak rumah Anda dengan pemancar sinyal digital.Bagaimana cara mengatasi masalah tidak ada sinyal TV digital mengingat berbagai faktor penyebab masalah tersebut? Anda biasanya dapat mengatasi masalah ini dengan menjelaskan penyebabnya.

BACA JUGA:Simak! 5 Tips Yang Wajib Diketahui Untuk Memilih TV Digital Yang Awet

Lihat di bawah untuk rinciannya. Berikut empat cara mengatasi TV digital saat tidak ada sinyal. Untuk lebih jelasnya, berikut penjelasan empat cara mengatasi TV digital saat tidak ada sinyal.

 

1. Pastikan TV Anda mendukung fungsi DVB-T2

Saat ini, tidak semua TV, seperti LED TV dan Smart TV, bisa disebut TV digital. Fitur utama televisi digital adalah dukungan fungsi DVB-T2. Selain itu, televisi digital biasanya memiliki menu untuk menyaring sinyal siaran digital (saluran digital).

Jika TV Anda saat ini tidak memiliki fitur ini, mungkin itu bukan TV digital.Oleh karena itu, televisi tidak dapat menerima sinyal digital. Oleh karena itu, pastikan Anda menggunakan TV digital Anda sesuai dengan panduan berikut.

Jika Anda mengetahui bahwa TV Anda masih merupakan TV biasa dan bukan TV digital atau analog untuk menonton acara TV digital, pastikan Anda memiliki set-top box (STB) tambahan atau TV tuner digital.

Decoder, mengintegrasikan DVB-T2, memungkinkan TV analog tradisional menerima sinyal digital dengan cara yang sama seperti TV digital. Tidak ada kriteria khusus mengenai jenis TV analog apa yang bisa menerima sinyal digital.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: