15 Manfaat Serai untuk Kesehatan, dari Mengatasi Masuk Angin hingga Menurunkan Berat Badan

15 Manfaat Serai untuk Kesehatan, dari Mengatasi Masuk Angin hingga Menurunkan Berat Badan

Manfaat Serai Untuk Kesehatan--

DISWAY JOGJA – Tak hanya sekedar bumbu masakan, manfaat serai untuk kesehatan pun beragam lho. Yuk, cari tahu apa saja manfaat serai untuk menyembuhkan penyakit! Simak Penjelasanya secara lengkap di artikel ini. Serai, atau yang juga dikenal dengan sebutan serei, adalah tanaman rempah-rempah yang sering digunakan sebagai bumbu masakan. Serai memiliki rasa yang khas dan aroma yang harum, sehingga sering digunakan untuk menambah cita rasa dan aroma masakan. Namun, serai juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

BACA JUGA:Menyegarkan dan Menyehatkan: 10 Manfaat Serai untuk Kesehatan Anda

Berikut adalah 15 manfaat serai untuk kesehatan, dari mengatasi masuk angin hingga menurunkan berat badan:

1. Mengatasi masuk angin

Serai memiliki sifat antiinflamasi dan antibakteri yang dapat membantu meredakan gejala masuk angin, seperti demam, pilek, dan batuk. Caranya, rebus beberapa batang serai dengan air panas. Minum air rebusan serai selagi hangat.

2. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Serai mengandung antioksidan yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Hal ini dapat membantu tubuh melawan infeksi dan penyakit.

3. Mengatasi nyeri haid

Serai memiliki sifat analgesik yang dapat membantu meredakan nyeri haid. Caranya, rebus beberapa batang serai dengan air panas. Minum air rebusan serai selagi hangat.

BACA JUGA:Berikut! 7 Manfaat Daun dan Batang Serai Yang Baik Untuk Tubuh

4. Menurunkan kolesterol

Serai mengandung senyawa yang dapat membantu menurunkan kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kolesterol baik (HDL). Hal ini dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung.

5. Mengurangi risiko kanker

Serai mengandung senyawa antioksidan yang dapat membantu melindungi sel-sel dari kerusakan akibat radikal bebas. Radikal bebas dapat menyebabkan kanker.

6. Meningkatkan kesehatan kulit

Serai mengandung senyawa yang dapat membantu melawan bakteri dan jamur penyebab jerawat. Serai juga dapat membantu mencerahkan kulit dan mencegah penuaan dini.

BACA JUGA:6 Manfaat Air Rebusan Serai Campur Jahe, Nomor 5 Bikin Anda Tenang

7. Meningkatkan pencernaan

Serai mengandung senyawa yang dapat membantu meningkatkan produksi empedu dan pencernaan makanan. Serai juga dapat membantu mengatasi sembelit.

8. Mengurangi stres

Serai memiliki aroma yang menenangkan yang dapat membantu mengurangi stres. Serai juga dapat membantu meningkatkan kualitas tidur.

9. Menurunkan berat badan

Serai mengandung senyawa yang dapat membantu meningkatkan metabolisme tubuh. Hal ini dapat membantu menurunkan berat badan.

BACA JUGA: Sudah Tahu Manfaat Kunyit? Ternyata Bisa Menyehatkan Kulit Wajah, Ini 10 Khasiat Lainnya!

10. Mengatasi bau mulut

Serai memiliki aroma yang segar yang dapat membantu mengatasi bau mulut. Serai juga dapat membantu membunuh bakteri penyebab bau mulut.

11. Meredakan hidung tersumbat

Apakah Anda mengalami pilek disertai hidung tersumbat? Cobalah teh serai. Minum teh serai dapat membantu membersihkan dahak dan meredakan hidung tersumbat.

12. Meringankan nyeri haid

Teh serai dikatakan dapat mengurangi nyeri haid dan membantu meringankan perut. Serai juga biasa digunakan sebagai obat alami untuk mengatasi kram menstruasi dan kembung saat menstruasi. Meski belum ada penelitian yang meneliti secara langsung manfaat serai dalam mengurangi nyeri haid, namun diduga khasiat tersebut berasal dari kandungan senyawa anti inflamasi pada serai.

BACA JUGA:Ini Dia Kandungan Nutrisi Pada Kunyit dan 8 Manfaat Kunyit Untuk Kesehatan

13. Menjaga gula darah

Kandungan serai dapat membantu mengontrol gula darah. Namun, terlalu banyak mengonsumsi serai juga dapat menyebabkan kadar gula darah turun terlalu rendah. Oleh karena itu, bagi Anda penderita diabetes sebaiknya menggunakan serai dalam jumlah yang cukup.

14. Mengurangi Risiko Kanker

Senyawa dalam citral dan komponen tertentu pada serai dipercaya memiliki efek anti kanker. Kandungan tersebut diyakini memiliki kemampuan melawan jenis penyakit ganas tertentu. Ia bekerja dengan membunuh sel kanker secara langsung atau meningkatkan sistem kekebalan tubuh untuk meningkatkan kemampuan tubuh melawan kanker.

15. Mengatasi anemia

Anemia merupakan penyakit yang menyebabkan perasaan lemah dan lelah. Hal ini disebabkan kurangnya sel darah merah yang sehat untuk membawa oksigen ke jaringan tubuh. Sebuah penelitian menemukan bahwa teh serai dapat meningkatkan eritropoiesis (produksi sel darah merah). Manfaat ini mungkin berasal dari kandungan nutrisinya antara lain asam folat, tiamin, tembaga, besi, dan seng.

Cara Mengkonsumsi Serai

Serai dapat dikonsumsi dengan berbagai cara, yaitu:

Direbus

Serai dapat direbus dengan air panas untuk membuat teh serai. Teh serai dapat diminum selagi hangat.

Dihaluskan

Serai dapat dihaluskan dan ditambahkan ke dalam makanan atau minuman. Serai dapat ditambahkan ke dalam sup, sambal, atau jus.

Dibuat menjadi minyak esensial

Minyak esensial serai dapat digunakan untuk aromaterapi. Minyak esensial serai dapat dioleskan ke kulit atau dihirup aromanya.

Efek Samping Serai

Serai umumnya aman dikonsumsi dalam jumlah wajar. Namun, konsumsi serai berlebihan dapat menyebabkan beberapa efek samping, seperti:

  • Mual
  • Muntah
  • Diare
  • Gangguan pencernaan
  • Rasa terbakar di perut
  • Gejala alergi

Nah, Itu dia 15 manfaat serai untuk kesehatan, dari mengatasi masuk angin hingga menurunkan berat badan.

Semoga bermanfaat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: