15 Manfaat Bunga Telang untuk Kesehatan yang Jarang diketahui!

15 Manfaat Bunga Telang untuk Kesehatan yang Jarang diketahui!

--

DISWAYJOGJA.ID - Bunga telang atau yang dikenal dengan nama Clitoria ternatea seringkali dijumpai tumbuh liar dijalanan. Tanaman ini memiliki warna biru keunguan cerah yang cantik dan menawan. Selain sebagai tanaman hias, Bunga telang ini ternyata memiliki sejuta manfaat bagi kesehatan yang jarang diketahui oleh banyak orang. Apa saja khasiatnya, simak penjelasan ini sampai selesai ya.

1. Baik untuk kesehatan otak

Bunga telang mengandung antioksidan, seperti flavonoid dan antosianin, yang baik untuk memperbaiki sel-sel tubuh, termasuk sel saraf. Bunga ini juga dapat meningkatkan produksi asetilkolin, yaitu zat kimia di otak yang berperan dalam proses mengingat, mempelajari informasi, dan menjaga konsentrasi, serta meningkatkan memori otak.

 

2. Membantu memperbaiki suasana hati dan meredakan stress

Jika kamu memiliki suasana hati yang sering berubah-ubah, maka mengonsumsi Bunga telang adalah solusinya. Bunga telang dipercaya memiliki efek penghilang stres yang dapat membantu mengurangi cemas, depresi serta membuat tubuh menjadi lebih rileks

Bunga ini juga dikenal dapat menyegarkan otak, meningkatkan tingkat energi, dan stamina, sehingga dapat meningkatkan produktivitas seseorang. 

3. Mencegah kerontokan rambut dan merangsang pertumbuhan rambut

Perlu diketahui bahwa, Bunga telang mengandung senyawa bioflavonoid dan anthocyanin, yang dikenal dapat meningkatkan sirkulasi darah di kepala, mengatasi kerontokan rambut serta mengurangi munculnya uban.

Menurut sebuah studi, ekstrak dari Bunga telang mampu menghidrasi kulit sebanyak 70% . Wah sangat bermanfaat sekali bukan.

4. Sebagai antioksidan

Menurut penelitian dalam studi berjudul International Journal of Pharmacy and Pharmaceutical Sciences, ekstrak metanol dalam Bunga telang, sangat berpotensi menjadi sumber antioksidan.

Kandungan senyawa flavonoid, antosianin, dan fenolik dalam Bunga telang juga bermanfaat untuk mengaktifkan peran antioksidan dalam tubuh. Antioksidan ini dapat membantu melindungi sel serta mengurangi stres oksidatif yang dapat mengakibatkan penuaan dini serta penyakit kronis lainnya.

5. Mengurangi peradangan

Bunga telang mengandung sekitar 51-52% asam oleat. Biasanya, asam lemak baik ini, ditemukan pada minyak zaitun.Beberapa studi menyatakan, asam oleat mampu mengurangi peradangan atau anti-inflamasi yang dapat mengurangi infeksi serta pembengkakan, seperti nyeri tubuh, migrain, infeksi luka, serta sakit kepala.

6. Menjaga kesehatan jantung

Kandungan antioksidan pada Bunga telang tidak hanya melindungi tubuh dari infeksi, tetapi juga memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan jantung.

Hasil penelitian menyatakan Bunga telang dapat menurunkan kadar kolesterol tinggi yang menjadi faktor dan risiko utama penyakit jantung. Ia dapat mengatasi masalah jantung seperti penyumbatan, pembekuan darah serta serangan jantung.

7. Membantu meningkatkan kesehatan mata

Social Science Research Network atau SSRN, telah meneliti Bunga telang dan menyimpulkan bahwa bunga ini dapat membantu kesehatan mata dengan cara meningkatkan aliran darah pada kapiler mata. Peningkatan aliran darah tersebut, akan memungkinkan mata untuk dapat menyesuaikan diri dengan perubahan cahya serta meningkatkan kualitas penglihatan.

Bunga telang juga efektif untuk mencegah mata katarak dan glaukoma, memperbaiki penglihatan yang kabur, mengobati kerusakan pada retina mata dan menenangkan mata yang meradang serta berair.

8. Melindungi tubuh dari mikroorganisme yang menyebabkan penyakit

Bunga telang adalah tanaman herbal yang memiliki sifat anti mikroba pada tingkat sel untuk terus mengganggu serta mencegah pertumbuhan mikroorganisme seperti jamur, bakteri dan lainnya. Sehingga tubuh terlindungu dari berbagai macam penyakit.

9. Menjaga kesehatan saluran pencernaan

Kandungan antioksidan yang ada pada Bunga telang dapat membuat saluran darah menjadi lebih rileks, selain itu kandungan antioksidan ini juga membantu otot saluran pencernaan menjadi lebih rileks. Efek dari anti helmintik yang ada pada Bunga telang dapat mencegah pertumbuhan parasit cacing pada saluran pencernaan.

10. Menjaga kesehatan organ reproduksi

Di India, Bunga telang telah populer digunakan untuk mengatasi masalah-masalah yang ada pada organ reproduksi seperti keputihan, menstruasi dan meningkatkan sperma.

11. Menurunkan berat badan

Bunga telang memiliki kandungan katekin yang memiliki peran penting dalam membakar lemak perut serta membantu menurunkan berat badan. Mengonsumsi teh Bunga telang, menjadi salah satu cara efektif untuk meningkatkan metabolisme tubuh, sehingga tubuh akan membakar lebih banyak kalori.

Menurut sebuah studi yang diterbitkan dalam International Journal of Obesity and Related Metabolic Disorders, disebutkan bahwa Bunga telang memiliki manfaat untuk mencegah dan membantu melawan obesitas serta penyakit hati berlemak.

12. Mengobati bisul

Kamu dapat mengobati bisul, dengan ramuan dari Bunga telang. Caranya adalah dengan menumbuk Bunga telang, kemudian membubuhkan Bunga telang pada bagian yang terkena bisul.

13. Memiliki potensi sebagai anti kanker

Bunga telang juga berpotensi sebagai anti kanker, dikarenakan Bunga telang memiliki kandungan flavonoid dengan kandungan kaempferol yang dapat mematikan sel kanker hingga 63,8% 

14. Membantu mengatasi diabetes

Ekstrak dari Bunga telang telah diuji dan menunjukan bahwa Bunga telang bermanfaat sebagai anti diabetes, karena Bunga telang secara signifikan dapat menurunkan kadar glukosa serum.

Sebuah penelitian menyatakan, Bunga telang akan membuat sel penghasil insulin yang dapat membantu mengatasi penyakit diabetes.

15. Mengontrol gula darah

Jika kamu mengonsumsi Bunga telang secara rutin dan tidak berlebihan, maka kandungan yang ada pada Bunga telang dapat menurunkan gula darah serta menjaga gula darah tetap stabil.

Selain itu, Bunga telang mampu mencegah terjadinya resistensi insulin yang mampu memicu penyakit diabetes, karena kandungan antioksidan di dalamnya. Jika ingin mengontrol gula darah, maka sebaiknya tidak mengonsumsi Bunga telang dengan tambahan pemanis apapun.

 

Untk mendapatkan sejumlah manfaat Bunga telang seperti yang telah disebutkan sebelumnya, kamu dapat menyeduh kelopak Bunga telang, dan menjadikannya teh. Ketika kelopaknya sudah tidak berwarna biru lagi, buang kelopak dan saring airnya. Air akan tampak berwarna biru keunguan dan siap untuk diminum. 

Namun, sebelum mengonsumsi Bunga telang sebaiknya berkonsultasilah terlebih dahulu dengan dokter, karena Bunga telang memiliki efek samping jika digunakan secara berlebihan dapat memicu mual dan diare. 

Selamat Mencoba!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: gramedia.com