Menarik! 5 Fakta Unik Eceng Gondok Yang Banyak Orang Mengira Tanaman Parasit.

Menarik!  5 Fakta Unik Eceng Gondok Yang Banyak Orang Mengira Tanaman Parasit.

eceng gondok--Radar indramayu.id

 

DISWAY JOGJA-Eceng Gondok merupakan salah satu tumbuhan air yang memliki ciri khas yang sangat unik. Eceng Gondok memiliki berbagai manfaat yang sangat baik bagi lingkungan khususnya ekosistem sungai. Salah satu hal utama yang dimiliki oleh organisme invasif adalah kemampuan adaptasi dan bertahan hidup yang sangat tinggi di lingkungan yang baru mereka tempati.

Karena kemampuannya dalam berkembang dengan cepat inilah, eceng gondok sering dianggap sebagai tanaman liar. Eceng Gondok juga sering dianggap menganggu kebersihan dalam ekosistem sungai bahkan disebut sebagai tanaman parasit.

Berikut adalah fakta yang harus anda ketahui tentang eceng gondok yang banyak orang jarang yang mengetahuinya.

BACA JUGA:Wow Tak Disangka! 4 Rekomendasi Olahraga Ringan yang Cepat Menurunkan Berat Badan

1. Miliki kemampuan luar biasa dalam memurnikan air sungai.

banyak peneliti yang mengungkapkan bahwa eceng gondok sangat besar manfaatnya untuk keseimbangan lingkungan. dari berbaagai studi yang mereka lakukan mengungkapkan bahwa tanaman ini dapat memurnikan air dengan sempurna. Hal ini bisa diketahui bahwa akar dari eceng gondok sangat bermanfaat untuk menyerap kotoran dalam air. Eceng gondok dapat meningkatkan kualitas pada air dalam segi kejernihan,menurunkan produksi fitoplankton, Oksigen yang terlarut dalam air,Nitrogen,Fosfor, Logam berat dan beberapa hal lain yang membuat kualitas air menjadi baik.

2. Mengendalikan Pertumbuhan Ganggang Pada sungai atau kolam

Eceng gondok sangat bermanfaat untuk menvcegah pertumbuhan ganggang dalam kolam. gangang menjadi sebuaah tanaman parasit yang dapat merampas oksigen yang ada pada air sehingga kualitas air menurun.

Kemampuanya yang dapat tumbuh dan menyebar dengan cepat dapat menutupi permukaan air akan mengurangi jumlah inar matahari dalam permukaan air sehingga ganggang mengalami gangguan pernafasan yaang nantinya membuat ganggang mati. Tanaman eceng gondok memiliki maanfaat menyedot nutrisi pada ganggang untuk tumbuh dan beratahan hidup.

3. Eceng Gondok dapat berbunga setahun sekali

Bunga eceng gondok hanya akan tumbuh satu tahun sekali, sehingga pemandangan tumbuhnya bunga ini jarang ditemui. Bunga eceng gondok berwarna ungu dan dapat menambah keindahan kolam.

BACA JUGA:Melihat 9 Kelezatan dan Kekayaan Kuliner Khas Indonesia

Eceng gondok biasanya berbunga pada musim penghujan. Apabila musim kemarau yangpanjang, eceng gondok bahkan hanya berbunga dua tahun sekali. Tanaman eceng gondok adalah tanaman yang sangat sering dijumpaai dimana-mana akan tetapi ada satu hal uni yang membuat eceng gondok itu memiliki bunga yang hanya mekar cuman 1 tahun sekali.

4. Eceng Gondok Dapat Tumbuh Dengan Cepat

Eceng Gondok memiliki kecepatan tumbuh yang tinggi dan cepat. sehingga eceng gondok sering disebut gulma dan merusak kadar air dalam lingkungan.

anaman ini dapat menutupi permukaan atas air dengan cepat apabila air mengandung nutrien tinggi.

Pertumbuhan eceng gondok harus dikendalikan, karena jika terlalu berlebihan akan menurunkan jumlah cahaya yang masuk dalam perairan dan kelarutan oksigen.

5. Eceng Gondok dapat Di Daur Ulang

Eceng Gondok juga bisa dimanfaat untuk berbagai macam keraajinan yang bisa kita diterapkan pada kehidupan sehari-hari. Selain sebagai makanan ternak dan pupuk (biogas), tanaman ini juga juga dapat dijadikan untuk bahan kerajinan tangan.

Sebagai kerajinan tangan, eceng gondok banyak dimanfaatkan untuk dijadikan produk tas, hiasan kotak, tempat parcel, rak laci, lampu hias, tempat pakaian, lampu hias, pot bunga hias, kursi, bantal sofa, hiasan dinding, tempat tisu, dan bingkai foto.

 BACA JUGA:13 Khasiat Minyak Kelapa untuk Tubuh, No 9 Paling diluar Dugaan!

Itulah 5 Fakta unik Eceng Gondok yang wajib kalian ketahui, bukan hanya sekedar tanaman parasit tetapi memiliki segudng fakta unik.***

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: