Wow Tak Disangka! 4 Rekomendasi Olahraga Ringan yang Cepat Menurunkan Berat Badan

Wow Tak Disangka! 4 Rekomendasi Olahraga Ringan yang Cepat Menurunkan Berat Badan

Berolahraga --

DISWAY JOGJA - Sudah menjadi hal umum bahwa seseorang pasti ingin memiliki berat badan yang ideal. Salah satu cara untuk menurunkan berat badan yakni dengan berolahraga.

Olahraga memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Namun kebanyakan orang malas berolahraga. Padahal, terdapat beberapa jenis olahraga ringan yang bisa Anda lakukan untuk menurunkan berat badan.

Untuk menurunkan berat badan secara maksimal juga harus diimbangi dengan pola hidup sehat seperti memakan makanan yang bergizi, minum air putih yang cukup dan yang lainnya. 

BACA JUGA:8 Konsep Gaya Hidup Sederhana: Menggapai Keseimbangan Tanpa Pemborosan

Berikut ini beberapa jenis olahraga ringan yang bisa Anda lakukan untuk menurunkan berat badan:

1. Jalan Kaki

Berjalan kaki merupakan salah satu jenis olahraga ringan yang efektif untuk menurunkan berat badan. Selain mudah dilakukan, olahraga ini tidak perlu menyiapkan perlengkapan khusus.

Dalam sebuah penelitian kesehatan mengungkapkan bahwa berjalan kaki selama 30 menit setiap hari mampu membakar lemak kurang lebih sebanyak 167 kalori tubuh.

Untuk menurunkan berat badan dengan cepat, Anda perlu terbiasa melakukannya. Semakin sering dilakukan maka banyak kalori tubuh yang terbakar dan terbuang.

BACA JUGA:9 Keajaiban Budaya Yogyakarta: Memahami Kekayaan Warisan dan Tradisi

2. Lari santai atau jogging

Jogging atau berlari kecil ternyata mampu menurunkan berat badan secara cepat. Olahraga ringan ini jika dilakukan rutin setiap satu minggu 3-4 kali akan membakar sebanyak 300-379 kalori.

Seperti halnya berjalan kaki,  untuk melakukan jogging tidak perlu menyiapkan perlengkapan khusus. Jika Anda baru ingin memulai jogging, Anda bisa melakukannya selama 20-30 menit setiap harinya.

3. Lompat tali atau Skipping

Lompat tali atau Skipping adalah olahraga ringan yang mampu menurunkan berat badan dengan cepat. Olahraga ini memiliki efektivitas pembakaran kalori kurang lebih sama dengan lari santai.

Jika Anda melakukan lompat tali selama 30 menit dengan percepatan ringan maka akan membakar sebanyak 128 kalori, Akan tetapi jika dilakukan dengan percepatan besar maka akan membakar Sebanyak 421 kalori.

Jangan terlalu memaksakan diri untuk mencapai target apabila Anda baru pertama kali mencoba lompat tali. Anda bisa memulainya dengan durasi singkat selama 5 menit dan berikan waktu jeda istirahat.

Jika sudah terbiasa maka akan ringan melakukannya dan bisa mencapai target yang Anda inginkan.

BACA JUGA:Perbanyak Makan Sayur Ternyata Dapat Mencegah Penuaan Dini loh, Simak Ulasanya!

4. Senam Aerobik

Senam Aerobik merupakan salah satu jenis olahraga untuk menurunkan berat badan yang diiringi musik. Senam Aerobik ini cocok dilakukan untuk semua kalangan.

Perlu diketahui bahwa gerakan senam aerobik mampu mengendalikan dan menurunkan berat badan.  Didalam sebuah penelitian pada Jurnal obesity mengungkapkan bahwa Senam Aerobik bermanfaat untuk penurunan berat badan pada penderita obesitas.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi penurunan berat badan sekitar 4,3 - 5,6 persen apabila rutin melakukan Senam Aerobik selama 10 bulan. Olahraga ini bisa dilakukan satu minggu 5 kali dengan pembakaran lemak sekitar 400-600 kalori.

Nah itulah beberapa olahraga ringan yang cepat menurunkan berat badan. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal harus diimbangi dengan pola hidup sehat lainnya. Selamat Mencoba! (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: